Sukses

Khofifah beri 'Rapor Biru' kepada 17 Kepala Daerahnya yang Baru Setahun Menjabat

Pemberian penilaian baik itu menjadi hadiah manis kepada 17 kepala daerah yang baru setahun menjabat itu.

Liputan6.com, Ponorogo - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku sangat puas dengan kinerja 17 bupati serta wali kota yang baru dilantik paska Pilkada 2020. Hari ini memang tepat setahun para bupati dan wali kota di 17 daerah itu menjabat.  

"Hari ini tepat setahun lalu 17 kepala daerah di Jatim dilantik. Mereka layak menerima 'rapor biru' atau sangat memuaskan," kata Khofifah di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Ponorogo, Sabtu (26/2/2022) seperti dilansir Antara.

. 

Sebanyak 17 daerah yang baru setahun memiliki pemimpin baru tersebut yakni Trenggalek, Sumenep, Situbondo, Ngawi, Banyuwangi, Ponorogo, Blitar, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Malang, Mojokerto, Jember, Sidoarjo, Kediri, Lamongan, Gresik serta Kota Surabaya.

Khofifah pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para kepala daerah yang sudah sangat baik menjaga pola koordinasi serta menjalankan tugas demi kesejahteraan rakyatnya tersebut. Ia pun berharap sinergitas tersebut dapat terus terjalin. 

"Semoga sinergitas dan kolaborasi akan terus terbangun dengan baik sehingga bisa mempercepat pembangunan di daerah dan ekonomi masyarakat," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertumbuhan Ekonomi yang Baik

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu menjelaskan, pertumbuhan ekonomi yang berhasil mencapai angka 4,59 persen pada triwulan IV tahun 2021 menjadi salah satu bukti bahwa "rapor biru" bukan hanya untuk Pemprov.

Sebab, kata dia, di tengah tekanan pandemi COVID-19 ini kontraksi ekonomi merupakan ancaman nyata dan berhasil dilewati atas kolaborasi bersama-sama Pemprov dan pemerintah kabupaten/ kota. Terlebih dalam pertumbuhan ekonomi itu juga diiringi penurunan ketimpangan ekonomi secara signifikan dari 0,374 persen menjadi 0,364 persen.

"Artinya, pertumbuhan ekonomi secara kumulatif di Jatim ini juga diiringi dengan pemerataan ekonomi di seluruh kabupaten/kota di Jatim," kata Khofifah yang juga tercatat sebagai salah seorang Ketua PBNU tersebut.

Gubernur Khofifah juga berharap ke depan visi dan misi serta program-program yang telah dicanangkan oleh 17 kepala daerah dan wakilnya bisa terlaksana sesuai yang tertuang pada rencana strategis.

Apalagi, lanjut dia, pihaknya telah melihat kreativitas dan inovasi yang dilakukan kepala daerah daerah dan terbukti atas prestasi dan mendapat apresiasi dari pemerintah pusat serta lembaga lainnya.

"Saya telah berkeliling dan menyaksikan bagaimana kepala daerah bersama wakilnya membangun daerahnya di tengah pandemi saat ini. Banyak inovasi yang telah dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," tuturnya.

"Sekali lagi saya sampaikan selamat. Semoga ke depan semua program-programnya terlaksana dengan baik sehingga masyarakat semakin sejahtera," kata Khofifah menambahkan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.