Sukses

Ketika Ratusan Napi di Lapas Surabaya mendapatkan Suntikan Vaksin Booster

Tak hanya narapidana, petugas dan anggota keluarganya juga mendapat suntikan vaksin booster.

Liputan6.com, Jakarta Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur memberikan vaksinasi booster kepada para narapidana Lembaga Pemasyarakatan Surabaya. Tak hanya kepada para waga binaan, vaksinasi massal itu juga diberikan kepada petugas lapas dan keluarganya.

Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto Sabtu mengatakan, setidaknya terdapat 140 orang yang mendapat suntikan vaksin Booster dalam gelaran vaksinasi massal yang digelar pada Sabtu (26/2/2022). 

"Sebanyak 140 orang itu masing-masing 126 warga binaan, kemudian untuk petugas ada 6 orang dan 8 orang anggota keluarganya. Alhamdulillah, sudah ada 140 orang yang bisa divaksin hari ini," kata Wisnu, Sabtu (26/2/2022) seperti dilansir Antara.

Wisnu menyebutkan bahwa vaksinasi yang digelar di Pujasera Lapas itu merupakan kolaborasi dengan Komando Distrik Militer 0816 Sidoarjo. Dalam kegiatan tersebut, pihak Kodim 0816 Sidoarjo menerjunkan 7 anggota di dampingi tim Latubaya Sehat dan yang dipimpin dokter Lapas Surabaya.

"Vaksinasi booster kami prioritaskan untuk warga binaan yang sudah memenuhi persyaratan berupa 6 bulan setelah vaksinasi dosis ke-2 dan keluarga pegawai yang yang sudah memiliki jadwal vaksinasi ke-3," katanya.

Sementara, Kalapas I Surabaya Gun Gun menjelaskan saat ini pihak lapas memang memperketat prosedur penerapan protokol kesehatan dan, pihaknya tidak mau kasus tahun lalu terulang kembali.

"Kami banyak belajar dan sudah memiliki SOP baru yang lebih ketat untuk melindungi warga binaan dari terpaan Omicron," katanya. Selain itu, lanjut dia, pelayanan kunjungan juga masih ditiadakan dan petugas, khususnya yang bertugas menjaga blok juga rutin dilakukan tes usap antigen setiap tiga hari.

Hal itu dilakukan karena saat ini ada sekitar 2.000 orang warga binaan yang menghuni lapas yang terletak di Desa Kebon Agung, Sidoarjo, Jawa Timur.

"Kami target bulan depan semua warga binaan kami sudah tuntas untuk vaksin booster," katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.