Sukses

Fakta-Fakta di Balik Hujan Es di Surabaya dan Sejumlah Wilayah Lain di Jatim

Hujan es mengguyur sebagian wilayah Surabaya, Jawa Timur pada Senin (21/2/2022) sore. Di bagian selatan Surabaya, hujan es terjadi di Kecamatan Wiyung, Kecamatan Karangpilang, Kecamatan Dukuh Pakis, dan Kecamatan Sawahan.

Liputan6.com, Surabaya - Hujan es mengguyur sebagian wilayah Surabaya, Jawa Timur pada Senin (21/2/2022) sore. Di bagian selatan Surabaya hujan es terjadi di Kecamatan Wiyung, Kecamatan Karangpilang, Kecamatan Dukuh Pakis, dan Kecamatan Sawahan.

Di bagian barat Surabaya hujan es melanda wilayah Kecamatan Tandes, Kecamatan Lakarsantri, Kecamatan Asemrowo, dan Kecamatan Sukomanunggal. Sedangkan di bagian utara Surabaya hujan es terjadi di Kecamatan Gubeng.

Fenomena langka di Surabaya itu sempat heboh dan viral di berbagai platform media sosial. Tidak sedikit warga yang mengabadikan fenomena hujan es tersebut.

Selain hujan es di Surabaya, ternyata di waktu yang nyaris bersamaan hujan es juga melanda beberapa wilayah Jawa Timur lainnya, seperti Madiun, Nganjuk, Magetan, dan lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hujan es di Surabaya, yuk simak fakta-fakta berikut ini yang telah dihimpun Liputan6.com.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akibat Awan Cumulonimbus

Terkait hujan es di Surabaya, Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Teguh Tri Susanto memberikan keterangan. Kata dia, hujan es tersebut berasal dari awan cumulonimbus (Cb)

"Puncak awan Cb dapat menghasilkan butiran es," kata Teguh.

Selain awan Cb, penyebab lain dari hujan es tersebut adalah ketika aliran udara ke bawah dari awan Cb cukup tinggi didukung suhu permukaan atau daratan cukup dingin.

3 dari 4 halaman

Pohon Tumbang

Hujan es yang terjadi di beberapa wilayah Surabaya itu disertai dengan angin kencang. Hingga akhirnya mengakibatkan pohon tumbang di beberapa tempat seperti di Exit Tol Gunung Sari, Jalan Demak, hingga SSC.

Bukan pohon tumbang saja, hujan es juga mengakibatkan tiang penerangan jalan umum di kawasan Wonokromo roboh. Angkot hingga mobil pribadi ikut rusak.

4 dari 4 halaman

Hujan Es Landa Magetan

Selain beberapa wilayah di Surabaya, ternyata hujan es juga melanda dua kecamatan di Magetan. Bahkan, di Magetan hujan es terjadi sejak Minggu (20/2/2022).

Hujan es di Kecamatan Barat dan Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan itu juga heboh dan viral di berbagai platform media sosial. Tidak lupa warga mengabadikan momen langka itu lewat kamera telepon genggamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.