Sukses

5 Tempat Wisata di Jawa Timur ini Bikin Enteng Jodoh, Salah Satunya Bisa Ubah Benci Jadi Cinta

Banyak destinasi wisata di Jawa Timur memiliki mitos dan cerita yang menarik, salah satunya mitos enteng jodoh

Liputan6.com, Surabaya - Sebagai salah satu kota tujuan wisata, Provinsi Jawa Timur punya segudang destinasi apik untuk dikunjungi. Banyak tempat wisata di Jawa Timur memiliki mitos dan cerita yang menarik, salah satunya mitos dan cerita tentang jodoh.

Meskipun belum dapat dibuktikan kebenarannya, banyak masyarakat yang percaya sederet mitos dan cerita dari berbagai tempat wisata ini. Adanya mitos-mitos ini tentu membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung untuk sekedar jalan-jalan atau membuktikan mitos tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tempat wisata Jawa Timur yang punya mitos bikin enteng jodoh.

1. Tanjakan Cinta Gunung Semeru

Gunung Semeru terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung Semeru memiliki tinggi 3.676 mdpl.

Bagi para pencinta olahraga ekstrem mendaki gunung, mitos tentang tanjakan cinta gunung Semeru tentu tak asing lagi. Tanjakan cinta menjadi bagian dari jalur pendakian gunung tertinggi di pulau Jawa ini.

Tanjakan cinta memiliki kemiringan 45 derajat. Konon apabila berhasil melewati tanjakan ini tanpa menoleh kebelakang sambil memikirkan pasangan, hubungan tersebut akan langgeng sampai maut memisahkan.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Air Terjun

2. Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin terletak di Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi. Tidak hanya menawarkan pemandangan yang asri dan sejuk saja, konon air terjun pengantin punya mitos unik yang dipercaya oleh masyarakat sekitar hingga saat ini..

Konon menurut warga sekitar, jika ada pasangan ke tempat ini akan memiliki hubungan yang langgeng. Begitu juga apabila sepasang suami-istri menyentuh air terjun tersebut juga dipercaya hubungannya makin langgeng.

3. Air Terjun Srambang

Air Terjun Srambang juga merupakan salah satu tempat wisata yang popular di Ngawi. Air Terjun Srambang berada di Desa Girimulyo, Ngawi ini memiliki pemandangan yang masih asri dengan pesona pohon pinus di sekitarnya.

Namun untuk sampai di tempat ini memang memerlukan sedikit perjuangan lantaran jalanan yang  belum di aspal. Wisatawan harus berjalan kaki cukup jauh untuk sampai di tempat ini.

Ada mitos di tempat wisata ini yang sampai sekarang masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Apabila saat mandi di sana dan melihat sosok seorang pria yang merupakan penghuni tempat itu, tandanya wisatawan akan segera mendapatkan jodoh yang diinginkan.

 

3 dari 3 halaman

Benci Jadi Cinta

4. Coban Jodo

Coban Jodo terletak di Dusun Bendolawang, Desa Ngadirejo, Kabupaten Malang. Coban Jodo merupakan wisata air terjun yang terbilang populer saat ini. Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang datang ke tempat itu.

Selain pemandangannya yang indah, Coban Jodo dikenal dengan mitosnya yang unik.

Menurut mitos yang beredar, jika ada wisatawan masih jomblo datang ke tempat itu dipercaya jodohnya akan segera datang. Hal ini karena bentuk air terjun Coban Jodo yang berdampingan diibaratkan dua insan ditakdirkan untuk bertemu.

5. Gua Lowo

Gua Lowo merupakan goa terpanjang di Asia Tenggara. Tembusan dari Gua Lowo adalah Gunung Pandan Ngajuk. Konon Goa Lowo merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit yang masih tersisa.

Mitos yang sering beredar di Gua Lowo adalah ketika ada pasangan yang awalnya tidak saling suka datang ke tempat ini, maka suatu saat mereka akan jatuh cinta. Hal ini dipercayai masyarakat setempat karena penghuni gua ini memang suka menjodohkan pasangan yang datang ke tempat itu.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.