Sukses

Pengasuh Ponpes Sunan Drajat Ulang Tahun, Ikatan Alumni Beri Kado Rp1 Miliar

Uang Rp1 miliar tersebut terkumpul hanya dalam waktu 2 pekan saja dari seluruh alumni PPSD yang ada di penjuru tanah air.

Liputan6.com, Lamongan - Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat (PPSD) KH Abdul Ghofur memperingati hari kelahirannya yang ke-73 Tahun tepat di hari Sabtu 12 Februari 2022. Acara peringatan Milad Pengasuh PPSD itu dihadiri ratusan alumni dari berbagai daerah.

Di hari spesial Pengasuh PPSD itu menerima kado ulang tahun berupa uang sebesar Rp1 miliar dari Persatuan Santri Alumni Sunan Drajat.

"Kado ulang tahun ini kami persembahkan untuk Mbah Yai Abdul Ghofur di hari Milad beliau yang ke 73 tahun. Kadonya dari alumni PPSD yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia," kata Ketua Pengurus Pusat (PP) Pondok Pesantren Sunan Drajat,  Sulanam, Minggu (13/2/2022).

Sulanam mengatakan kado uang sebesar Rp1 miliar yang diberikan kepada pengasuh PPSD adalah sebagai wasilah para alumni dalam memperjuangkan agama Allah melalui jihad di bidang pendidikan.

"Jihad itu sesuai tuntutan zaman dan sesuai kadar kemampuan masing-masing. Jihad yang kami yakini saat ini adalah jihad dalam hal pendidikan dan alhamdulillah kami masih diberi kesempatan untuk melaksanakannya," jelas Dr Sulanam.

Sulanam merinci, pihaknya tidak menduga dana yang terkumpul dari alumni PPSD sebesar Rp1 miliar, sebab pada tahun sebelumnya yakini 2009 dan 2020 lalu, alumni hanya bisa mempersembahkan bacaan Surat Al Fatihah di hari milad pengasuh PPSD.

"Alhamdulillah tahun ini kami sangat bersyukur bisa mempersembahkan hadiah kepada Mbah Yai Abdul Ghofur sebesar Rp1 miliar dan setiap satu orang alumni juga memberikan 1 zak serem. Hal ini selaras dengan amalan santri dan alumni Sunan Drajat yang telah membaca satu miliar bacaan surat Al Fatihah selama ini," jelas Sulanam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkumpul Hanya dalam Waktu 2 Minggu

Sementara itu, Sekretaris PP Pessandra, M Riadus Sholiqin menyampaikan bahwa penggalangan dana untuk kado Milad ini dilakukan selama dua pekan lamanya, mulai dari tanggal 23 Januari hingga 12 Februari 2022.

Ia menjelaskan, kado tersebut dari alumni PPSD yang terdiri dari 37 lembaga yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia ,"Alhamdulillah tahun ini lebih besar dana yang bisa terkumpul dibandingkan tahun sebelumnya yang selama 4 hari penggalangan dana, terkumpul sebanyak Rp150 juta," jelas M Riadus Sholiqin.

Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat, KH Abdul Ghofur yang menerima langsung kado tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh alumni. Selain itu, pihaknya juga merasa bangga atas kepedulian dan solidaritas yang terjalin sesama alumni.

"Alhamdulillah, terimakasih banyak kepada seluruh alumni. Saya bangga karena kepedulian dan solidaritas yang terjalin sesama alumni," kata KH Abdul Ghofur.

Kepada seluruh santri dan alumni Pondok Pesantren Sunan Drajat pihkanya berpesan untuk terus menebar kebaikan dan kemanfaatan bagi masyarakat di manapun berada.

"Tebarlah kebaikan dan kemanfaatan kepada masyarakat dimanapun kota berada, semoga santri dan alumni PPSD sehat dan sukses selalu. Santri-santri PPSD adalah calon yang bisa menata Indonesia agar tentram, aman dan gemah ripah loh jinawe," kata KH Abdul Ghofur.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.