Sukses

Deretan Peristiwa Nahas di Pantai Payangan Jember Sebelum Tragedi Ritual Meditasi

Pantai Payangan merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Terlepas dari panorama alamnya yang memikat hati wisatawan, ada sejumlah deretan peristiwa nahas yang terjadi di Pantai Payangan Jember.

Liputan6.com, Jember - Pantai Payangan merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Pantai ini masuk ke daftar tempat wisata yang memiliki pesona keindahan menawan.

Terlepas dari panorama alamnya yang memikat hati wisatawan, ada sejumlah deretan peristiwa nahas yang terjadi di Pantai Payangan Jember.

Mengutip berbagai sumber, deretan tragedi di Pantai Payangan Jember mulai dari wisatawan yang tewas terseret ombak hingga rombongan yang sedang ritual tersapu ombak laut.

1. Wisatawan Tewas Terseret Ombak

Dua wisatawan asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur yang sedang asik liburan di Pantai Payangan Jember ditemukan tewas. Satu orang lainnya hilang terseret ombak laut. Sedangkan satu korban lainnya ditemukan selamat

Diketahui, wisatawan tersebut merupakan bagian dari rombongan guru SMA, SMK, dan MA dari Kabupaten Jombang yang sedang liburan. Peristiwa ini terjadi pada Februari 2019 lalu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Wisatawan Asal Pasuruan Tenggelam

Pada Mei 2019, peristiwa yang menelan korban kembali terjadi di Pantai Payangan Jember. Kali ini korban berasal dari Kabupaten Pasuruan.

Korban tenggelam saat mandi di tepi laut. Ia terbawa arus ke tengah laut hingga akhirnya meninggal dunia. Korban ditemukan dalam kondisi mengapung sekitar 200 meter arah selatan dari tempat kejadian.

3. Meninggal Usai Hilang Selama 4 Hari

Kejadian yang menelan korban di Pantai Payangan Jember juga terjadi pada Desember 2019. Korban asal Desa Curah Lele ini sebelumnya hilang selama empat hari setelah terseret ombak Pantai Payangan Jember.

Korban ditemukan dalam posisi terdampar di tepi pantai, sekitar 200 meter dari lokasi tenggelamnya korban.

3 dari 3 halaman

4. Ayah dan Anak Tergulung Ombak

Ayah bersama anak dari Dusun Gaplek Barat, Desa Suci, Kecamatan Panti tergulung ombak saat liburan di Pantai Payangan Jember. Kejadian tersebut mengakibatkan korban meninggal dunia.

Tragedi ini terjadi pada April 2021. Mulanya sang ayah melihat anaknya terseret ombak. Namun saat berusaha menyelematkan, sang ayah malah ikut tergulung ombak laut.

5. Rombongan Tersapu Ombak saat Ritual

Rombongan Padepokan Tunggal Jati Nusantara yang berasal dari berbagai kecamatan di Jember, Jawa Timur tersapu ombak laut saat ritual di Pantai Payangan. Tragedi ini terjadi pada Sabtu (12/2/2022) malam.

Insiden tersebut menelan korban jiwa sebanyak 11 orang. Sedangkan 13 korban lainnya yang ikut ritual tersebut ditemukan selamat.

Muhamad Husni Tamami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.