Sukses

5 Cara Meredakan Flu Tanpa Konsumsi Obat di Musim Hujan

Flu menjadi penyakit yang kerap datang dan mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan konsumsi obat menjadi solusi padahal ada cara lain lebih alami untuk meredakan sakit ini

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan seperti sekarang kerap kali membuat imun tubuh kita menjadi turun, hal itu disebabkan adanya serangan udara dingin yang menusuk ke dalam tubuh kita. Tidak jarang akibat perubahan suhu itu, membuat tubuh menjadi lemah dan rentan terserang penyakit flu.

Lebih kesal lagi, bilamana penyakit flu yang bersarang di dalam tubuh tidak kunjung pergi hingga menghambat pada aktifitas sehari-hari.

Ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk bisa menghilangkan penyakit flu di musim hujan selain mengkonsumsi obat. Simak baik-baik tips berikut ini dan bisa di aplikasikan oleh kalian di rumah, diantaranya :

Mandi Air Hangat

Beberapa orang meyakini jika mandi menggunakan air hangat mampu merangsang aliran darah semakin membaik. Sistem imun yang bertambah akan beresiko ke flu yang lebih cepat pergi dari hidup kita.

Pola Tidur

Tidur adalah kunci dari pembasmian flu. Ada banyak hal yang dapat kalian kerjakan agar tidur jadi senjata yang lebih efisien sekali lagi untuk flu. Berikut cara tidur terbaik disaat kalian sedang mengalami flu :

- Pastikan kamar tidur kalian lembap. Flu buat udara di hidung dan tenggorokanmu lebih kering, lendirmu jadi lebih kental. Bila miliki vaporizer/humidifier juga bisa digunakan.

- Pastikan kepalamu lebih tinggi dari pada tubuhmu, gravitasi akan menolong desakan dalam hidungmu menjadi lebih baik.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asupan Cairan

Saat terserang flu alangkah baiknya menghindari minuman yang bersifat dingin, karena air dingin dipercaya kurang baik bagi kesehatan karena berbeda suhu dengan aliran darah.

Direkomendasikan saat terserang flu, kalian harus rutin mengkonsumsi air hangat. Selain menghindari dari sakit tenggorokan, air hangat juga mampun membuat sumbatan di hidung menjadi lega.

Oleskan Penghangat di Bawah Hidung

Selain melegakan pernapasan, olesan penghangat di bawah hidung tersebut juga dapat membantu meredakan sakit hidung saat flu. 

Ada sejumlah olesan penghangat di bawah hidung mulai dari balsem, kayu putih, minyak angin atau minyak hangat lainnya sesuai kenyamanan kalian yang menggunakannya.

Rajin Berkumur

Berkumur dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan menghilangkan nyeri. Penderita flu dapat berkumur dengan campuran setengah sendok teh garam yang dilarutkan ke dalam 250 mili liter air hangat. 

Gunakan larutan air garam tersebut empat kali sehari. Selain air garam, agar lebih praktis Anda juga dapat menggunakan obat kumur yang tersedia di pasaran. 

Tetap jaga kondisi tubuh kalian agar tetap fit di tengah musim hujan seperti saat ini, dan pastikan hal itu harus diimbangi dengan pola makan dan istirahat yang cukup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.