Sukses

Cerita Agus Humaidi Pencipta Miniatur Pesawat Garuda Banjir Pesanan Setelah Viral

Agus Humaidi juga menuturkan, awal mula belajar membuat miniatur pesawat dilakukan secara otodidak selama tiga bulan menggunakan akses internet

Liputan6.com, Jakarta Video viral seorang Santri Madura Agus Humaidi pencipta miniatur pesawat garuda menggunakan remot kontrol tak hanya menarik perhatian Menteri BUMN Erick Tohir dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Agus mengaku banyak yang menghubungi melalui pesan DM di Instagram untuk dibuatkan miniatur pesawat. Bahkan, dia mengaku tengah mengerjakan pesanan minatur pesawat ukuran 6 meter.

"Pesawat buatan saya bisa terbang karena saya memilih bahan yang lebih ringan (styrofoam), beda sama teman-teman saya yang gunakan bahan polifoam (gabus)," bebernya, Jumat (12/2/2022).

Dia mengaku secara otodidak belajar merakit pesawat selama kurang lebih tiga bulan. Humaidi mengandalkan akses internet seperti google maupun media sosial facebook.

Agus Humaidi mengatakan, kemampuan terbang miniatur pesawat garuda ciptaannya hanya mencapai maksimal satu kilometer. Dia menjelaskan, terbatasnya jarak terbang pesawat buatannya karena belum dibekali GPS.

"Pesawat yang saya buat ini pake mesin dan dikendalikan menggunakan remot kontrol saja," kata santri asal Desa Tlambah, Kecamatan Karang Penang, Sampang Madura.

Semasa hidupnya, Agus mengaku tidak lulus sekolah tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau SD. Untuk membuat pesawat, dia membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan.

Waktu pembuatan pesawat, kata dia, tergantung dengan ukuran dan tingkat kerumitan saat dikerjakan. Dia juga menuturkan, awal mula belajar membuat miniatur pesawat dilakukan secara otodidak selama tiga bulan.

"Selain dari google, saya juga masuk di group komunitas miniatur pesawat di Facebook. Alhamdulillah di group Facebook saya bisa dapatkan banyak referensi untuk membuat miniatur pesawat," ungkapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.