Sukses

Cerita Perajin Batik Blitar Dapat Pesanan Dari Justin Holiday

Pebasket NBA itu ternyata sempat di-bully ketika mengenakan batik di suatu acara, kemudian diunggah ke akun Instagramnya

Liputan6.com, Jakarta Yogi Rosdianta, perajin Batik Blitar yang mendapat pesanan dari pemain NBA Justing Holiday mengaku ada kebanggaan tersendiri seiring perjalanan karirnya sebagai perajin batik.

Dia menjelaskan, awal mula Justing Holiday memesan batik tulis produksinya itu. Pebasket NBA itu ternyata sempat di-bully ketika mengenakan batik di suatu acara, kemudian diunggah ke akun Instagramnya.

Warganet meragukan bahwa baju yang dikenakan Holiday adalah batik. Namun, manajemen Justin langsung mencari tahu batik yang sebenarnya hingga kemudian menemukan profil Yogi Rosdianta, pemilik batik tulis Batik Merah Putih asal Blitar, Jawa Timur.

"Mereka cari tahu dari internet dan karena saya gencar melakukan promosi membuka pasar internasional saat saya fokus pada bisnis ini pada 2019 lalu," kata Yogi dilansir Antara, Kamis (10/2/2022).

Dalam perbincangan mereka, Justin Holiday memesan satu baju batik tulis dengan motif khas Indonesia. Pengerjaan mulai dilakukan setelah melalui proses pengajuan ide motif, warna, dan desain.

Pesanan itu dikerjakan mulai Desember 2021 dan saat ini sudah melalui tahap akhir alias finishing. Sementara itu, waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan pesanan Holiday adalah dua bulan.

"Mulai dari setor konsep, beberapa kali revisi sampai kesepahaman konsep. Motif yang diinginkan adalah mengangkat kearifan lokal melalui kesenian khas Indonesia," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Datang ke Indonesia

Kemudian, lanjut Yogi, memasuki tahap mencanting membutuhkan waktu satu bulan dengan lima warna, yaitu merah, putih, emas, hijau, dan warna dasar hitam.

Dia menyebutkan, motif batik yang diinginkan Justin Holiday adalah kuda lumping, pecut samandiman, kendang cinde, dan burung garuda. Justin Holiday, kata dia, ingin mengangkat keagungan Indonesia dari ikon seni dan budaya.

"Nanti di depan, di bagian dada ada motif gerbang makam Bung Karno yang sebagai ciri khas Blitar," kata Yogi.

Yogi mengatakan pesanan Justin Holiday terbilang tak biasa dari ukuran kain yang dibutuhkan. Umumnya, ketika menyiapkan pesanan orang Indonesia, maksimal bahan yang dibutuhkan kurang dari 2,5 meter untuk mengakomodasi ukuran XXL.

Namun, bahan yang disiapkan untuk Holiday minimal 3,5 meter. Oleh karena itu, pesanan batik milik Justin Holiday ini dibanderol dengan harga di atas Rp2 juta.

Bagi Yogi, melayani pesanan Holiday adalah hal istimewa, terlebih dia memang penggemar berat basket dan pernah tergabung menjadi pemain CLS Surabaya saat masih remaja pada 2002/2003.

"Saya ingin sebenarnya mengantarkan pesanannya langsung tapi karena berbagai keterbatasan mungkin nanti dikirim dengan ekspedisi. Tapi rencananya tahun ini dia ingin ke Indonesia dan itu semoga menjadi momen saya ketemu dia," jelas Yogi.

Justin Holiday mendadak menjadi perbincangan di dunia maya setelah pemain Indiana Pacers tersebut memesan batik tulis produksi Blitar. Kini, pesanan mantan pilar Philadelphia 76ers itu sedang digarap Batik Merah Putih milik Yogi Rosdianta bersama istri, Santika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.