Sukses

Ketika Polisi Turun Tangan Bantu Percepatan Vaksin Booster untuk Lansia Sidoarjo

Langkah itu diambil sebagai bagian dari upaya menekan penyebaran Covid-19 terutama varian omicron.

Liputan6.com, Sidoarjo - Petugas Kepolisian Resor Sidoarjo, Jawa Timur turun tangan membantu percepatan vaksinasi lanjutan atau Vaksin Booster untuk masyarakat lanjut usia (lansia). Langkah itu sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi kepada lansia di Mapolresta Sidoarjo, Selasa (8/2), mengatakan pemerintah bersama TNI-Polri terus menggencarkan vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal.

"Khususnya vaksinasi 'booster' (penguat) dosis ketiga bagi orang lanjut usia yang rentan lemah imunitas tubuhnya," kata Slamet, Rabu (9/2/2022) seperti dilansir Antara. 

Ia mengatakan vaksinasi serentak kembali diadakan se-Indonesia. Melalui zoom meeting, Kapolri bersama Menteri Kesehatan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan jajaran TNI meninjau pelaksanaan vaksinasi serentak bagi lansia dan anak, dilanjutkan dengan zoom meeting dengan seluruh jajaran polda dan polres.

Wakapolda Slamet menyampaikan kegiatan vaksinasi serentak ini merupakan upaya percepatan terbentuknya kekebalan komunal bagi masyarakat, khususnya pemberian suntikan dosis ketiga bagi lansia.

Oleh karena terjadi peningkatan angka Covid-19, maka pembentukan kekebalan imunitas bagi mereka harus secepatnya dilakukan.

"Di Jawa Timur untuk vaksinasi dosis satu sudah mencapai 80 persen lebih. Lansia sudah sekitar 72 persen. Karenanya di seluruh wilayah Jawa Timur, TNI-Polri bersama instansi terkait terus melakukan percepatan vaksinasi, dikarenakan adanya peningkatan penyebaran COVID-19 varian Omicron," katanya dalam keterangan pers.

Selain percepatan vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19, masyarakat juga diimbau mematuhi protokol kesehatan. Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro mengimbau masyarakat segera mendatangi gerai-gerai vaksinasi untuk mengikuti program tersebut.

“Meskipun sudah divaksin jangan kendor tetap pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, rajin cuci tangan dan batasi mobilitas,” katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.