Sukses

Cara Buat Akun LTMPT Lengkap dengan Jadwal SNMPTN 2022

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 semakin dekat. Peserta yang dapat mengikuti seleksi ini adalah siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2022.

Liputan6.com, Surabaya - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 semakin dekat. Peserta yang dapat mengikuti seleksi ini adalah siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2022.

Melansir laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), peserta SNMPTN 2022 harus sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Adapun persyaratan peserta SNMPTN 2022 antara lain memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN). Kemudian memiliki NISN dan terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Selain itu, peserta SNMPTN juga harus memiliki nilai rapor semester 1 sampai 5 yang telah diisikan di PDSS. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Buat Akun LTMPT Siswa

Sebelum memilih PTN yang diinginkan pada SNMPTN 2022, siswa harus membuat akun LTMPT terlebih dahulu. Untuk membuat akun LTMPT siswa bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka link reg.ltmpt.ac.id

2. Klik 'Daftar' pada menu siswa

3. Masukkan NISN, NPSN, dan isi tanggal lahir di kolom yang tersedia

3. Masukkan kode unik sesuai yang diminta. Contoh: FNMUB

4. Klik 'Selanjutnya'

5. Masukkan email

6. Buat kata sandi

7. Klik 'Daftar'

Setelah melakukan pendaftaran akun LTMPT siswa, berikutnya siswa akan mendapatkan notifikasi akun. Lalu pihak LTMPT akan mengirimkan email aktivasi akun.

Selanjutnya siswa melakukan verifikasi pada email yang telah didaftarkan. Jika sudah aktif, bisa langsung masuk ke portal.ltmpt.ac.id.

3 dari 4 halaman

Cara Buat Akun LTMPT Sekolah

Selain siswa, sekolah juga harus membuat akun LTMPT. Untuk langkah-langkahnya bisa mengikuti cara berikut ini.

1. Buka link reg.ltmpt.ac.id

2. Klik 'Daftar' pada menu sekolah

3. Masukkan NPSN dan kode registrasi dapodik pada kolom yang tersedia

4. Masukkan kode unik sesuai yang diminta. Contoh: QNZGKGY

5. Klik 'Selanjutnya'

6. Masukkan nama kepala sekolah atau operator sekolah, tanggal lahir, email, dan kata sandi

7. Klik 'Daftar'

Setelah melakukan pendaftaran akun LTMPT sekolah, berikutnya akan mendapatkan notifikasi akun. Lalu pihak LTMPT akan mengirimkan email aktivasi dan sekolah harus memverifikasi akun LTMPT.

Jika sudah, akun LTMPT sekolah dapat digunakan dengan masuk ke link portal.ltmpt.ac.id.

4 dari 4 halaman

Jadwal Buat Akun LTMPT dan SNMPTN 2022

Pembuatan akun LTMPT telah dijadwalkan. Pembuatan akun LTMPT sekolah dimulai pada 4 Januari hingga 8 Februari 2022. Sedangkan pembuatan akun LTMPT siswa dapat dilakukan pada 10 Januari hingga 15 Februari 2022.

Setelah siswa memiliki akun LTMPT, selanjutnya adalah melakukan pendaftaran SNMPTN. Berdasarkan jadwal SNMPTN 2022, pendaftaran SNMPTN dimulai pada 14-28 Februari 2022. Hasil seleksi ini akan diumumkan pada 29 Maret 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.