Sukses

Kuliner Khas Lamongan Selain Soto

Masih banyak ragam kuliner di Lamongan yang belum diketahui sebagaian masyarakat bahkan hanya dikenal oleh sebagian kalangan

Liputan6.com, Jakarta Lamongan, salah satu kuliner tradisional khas Lamongan Jawa Timur yang sering ditemui. Kuliner tersebut kerap kali ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Namun demikian, masih banyak ragam kuliner di Lamongan Jawa Timur yang belum diketahui sebagaian masyarakat. Selain soto, berikut kuliner lain yang menjadi Lamongan dirangkum dari berbagai sumber:

Tahu Campur

Di Lamongan, Tahu Campur termasuk menu favorit. Salah satu kuliner yang banyak dicari. Sepintas, Tahu Campur khas Lamongan ini sama dengan yang ada di beberapa daerah lain. Tapi ada satu perbedaan mendasar.

Tahu Campur khas Lamongan disajikan menggunakan daging. Dan inilah yang membuatnya spesial. Soal rasa, lebih baik kalian coba saja sendiri. Dijamin bakal ketagihan

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nasi Boranan

Nasi Boran adalah kuliner yang mudah sekali ditemukan jika kita berkunjung ke Lamongan. Hampir di setiap sudut kota Lamongan ada penjaja Nasi Boranan.

Nama Boran sendiri berasal dari nama wadah nasi anyaman bambu yang dipakai. Oleh warga, wadah itu dikenal dengan nama Boran. Nasi Boranan terdiri dari nasi, bumbu, lauk dan rempeyek.

Pelengkap lain yang melengkapi nasi boran adalah empuk (tepung yang digoreng) dan pletuk (kacang dan remah nasi aking). Bumbu dari nasi boranan terdiri dari rempah-rempah yang ditambahkan dengan cabai dan kelapa parut yang dihaluskan. Lauk selalu ditawarkan di antaranya daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe.

Bandeng Colo-colo

Sebagai salah satu sentra penghasil ikan tawar di Jawa Timur, Kabupaten Lamongan memiliki banyak kuliner berbahan dasar ikan bandeng. Salah satunya adalah bandeng colo-colo.

Bandeng Colo-colo merupakan olahan masakan paduan bumbu khusus. Olahannya mampu menghilangkan bau tanah dan bau amis bandeng yang selalu melekat. Makanan ini hanya bisa dijumpai di salah satu rumah makan yang berada di Jalan Sunan Giri, Lamongan.

3 dari 3 halaman

Jumbrek

Jumbrek terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan sirup gula siwalan. Jumbrek sangat enak di lidah. Kuliner ini disebut berasal dari wilayah pesisir pantai utara (pantura) Kecamatan Paciran. Salah satu pembuat jumbrek yang sudah sangat terkenal di daerah ini adalah Bu Karmini.

Marning

Kalau kalian ingin membawa pulang oleh-oleh khas Lamongan, Marning sangat direkomendasikan. Marning adalah camilan khas Lamongan. Kuliner ini berbahan dasar jagung yang telah dikeringkan terlebih dahulu lalu kemudian digoreng hingga garing. Makanan khas ini memiliki cita rasa yang gurih serta sangat renyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.