Sukses

Menanti Event Sepeda Bergengsi di Banyuwangi Tahun 2022

Pehobi sepeda bisa berburu spot di rute datar di Pantai Boom, dan banyak spot-spot menarik lainnya yang bisa didatangi sambil berlibur

Liputan6.com, Jakarta Upaya pemulihan sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur terus dilakukan. Selain memperbanyak event, sejumlah objek wisata sesuai dengan segmentasi masyarakat.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, tahun 2022 ini akan banyak event yang memanjakan para komunitas sepeda Banyuwangi maupun luar daerah. Dia mengklaim, Banyuwangi memiliki semua kebutuhan bagi penggemar sepeda.

"Kami punya Sirkuit BMX Muncar? berstandart UCI (Union Cycle International) yang dikenal memiliki medan track luar biasa sulit. Bahkan sirkuit ini menjadi lokasi Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) atlet sepeda tim nasional Indonesia," kata Ipuk dilansir dari situs resmi pemda Banyuwangi, Jumat (4/2/2022).

Untuk pengguna sepeda gunung atau MTB, Banyuwangi punya trek downhill di kawasan Gantasan Bike Park kaki Gunung Ijen. Bagi yang suka menanjak bisa mencoba rute ke Paltuding Gunung Ijen.

Di lokasi tersebut, pehobi sepeda bisa berburu spot di rute datar di Pantai Boom, dan banyak spot-spot menarik lainnya yang bisa didatangi.

"Banyak bermunculan komunitas-komunitas sepeda untuk itu tahun 2022 kami akan memperbanyak event sepeda," kata Ipuk Fiestiandani.

Dia mengatakan, sebenarnya Banyuwangi telah rutin menggelar berbagai event sepeda tiap tahun. Seperti International Tour de Banyuwangi Ijen yang telah meraih predikat exelent dari UCI, ada pula international BMX, dan lainnya.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbas Pandemi

Namun event tersebut terpaksa berhenti akibat pandemi Covid-19. Bahkan menghentikan sejumlah agenda olahraga di Banyuwangi.

"Kemasannya dibuat beda dan kami juga akan melengkapinya dengan atraksi-atraksi yang menarik" kata Ipuk.

Dia mengaku, geliat olahraga di Banyuwangi kembali berdetak seiring melandainya covid1-19. Terlihat saat pemda menggelar event Banyuwangi Ijen Geopark Downhill 2021 di Gantasan.

Ipuk mengatakan, pihaknya mulai merancang beragam event olahraga, khususnya bersepeda pada tahun ini. Prioritasnya tetap sport tourism. Bedanya, Banyuwangi akan memperbanyak event yang memanjakan komunitas sepeda.

"Arahnya ke event yang melibatkan komunitas di Indonesia. Sebab, dampaknya sangat besar. Tingkat kunjungan ke Banyuwangi meningkat. Homestay di Banyuwangi selalu terisi penuh oleh cyclist," ungkap Zen Kostolani, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.