Sukses

Tim Investigasi Buru Pembuang Kemasan Rapid Antigen ke Laut Banyuwangi

Dinas Kesehatan Banyuwangi membentuk tim investigasi untuk cari tahu siapa yang membuang kemasan rapid test antigen ke laut banyuwangi.

Liputan6.com, Jakarta Menindaklanjuti temuan tumpukan limbah medis yang ditemukan di bibir pantai Kapuran, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi menerjunkan tim untuk menginvestigasi asal muasal sampah kemasan rapid test antigen tersebut.

Hal itu disampaikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Amir Hidayat. Menurutnya, saat ini tim masih melakukan investasi di lapangan.

"Tim masih bekerja, kalau nanti tim telah mendapatkan informasi secara detail tentunya akan menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil langkah selanjutnya," kata Amir Hidayat, Selasa (1/2/2022).

Selain menerjunkan tim investasi, pihak Dinas Kesehatan Banyuwangi juga akan memanggil seluruh pengelola rapid antigen terkait temuan tumpukan limbah medis di laut Banyuwangi.

"Dalam waktu dekat kita akan kumpulan kembali para penanggung jawab gerai rapid test antigen," tegas Amir Hidayat.

Temuan limbah medis tes antigen di laut Banyuwangi menjadi atensi Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi. Pasalnya, persoalan sampah itu berpotensi menjadi pelanggaran serius karena dapat berdampak buruk, baik terhadap masyarakat itu sendiri maupun lingkungan.

"Temuan ini menjadi atensi Satgas Covid-19 dan tentunya aparat penegak hukum akan melakukan penindakan karena tindakan membuang sampah limbah medis dapat membahayakan nyawa manusia dan lingkungan," kata Amir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi

Ribuan limbah medis antigen tersebut bertumpuk di pinggir laut Banyuwangi yang diduga sengaja dibuang. Tumpukan limbah medis itu kemudian viral di media sosial di Banyuwangi.

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, dua video yang viral direkam oleh penumpang yang akan menyeberang ke Bali. Pada video pertama yang berdurasi 30 detik menunjukkan adanya rapid test kits yang terdiri dari ribuan cutton buds rapid test antigen mengambang.

Sementara pada rekaman video yang kedua, terdapat beberapa rapid test antigen kits yang dibuang dan dibakar di pinggir pantai Banyuwangi.

Danil perekam video mengaku dirinya mengabadikan tumpukan sampah medis bekas rapid test antigen yang mengembang di sepanjang pantai Banyuwangi pada hari Minggu 30 Januari 2022 lalu.

Penulis: Burhan

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.