Sukses

Cerita Patung Gandrung Alas Gumitir di Banyuwangi, Konon Bisa Gerak Sendiri

Salah satu tempat di Banyuwangi ini memiliki cerita unik terutama soal pengalaman mistis ketika datang ke Bumi Blambangan

Liputan6.com, Jakarta Sederet potensi yang ada di Banyuwangi Jawa Timur menjadi keunikan tersendiri. Namun, tak sedikit pula pengalaman mistis dirasakan pengunjung maupun warga setempat.

Beberapa tempat di Banyuwangi memiliki cerita unik terutama soal pengalaman mistis ketika datang ke Bumi Blambangan ini. Seperti cerita mistis yang ada di kawasan Alas Gumitir Banyuwangi.

Dari informasi yand dihimpun, arwah-arwah korban pembantaian oleh PKI masih menghantui wilayah tersebut. Cerita Mistis alas gumitir tersebut juga berdasarkan cerita pengalaman masayarakat setempat maupun pengunjung.

Di lokasi tersebut, diketahui terdapat sebuah patung penaru wanita bernama Gandrung. Patung tersebut dinilai menambah kesan seram dan mencekam bagi sebagian orang yang melintasi jalan itu.

Patung Gandrung Alas Gumitir yang berada di jalur antara Banyuwangi dan Jember, tepatnya di atas Pantai Watu Dodol. Suasana mencekam pun terasa saat kita melintasi jalan ini.

Sejumlah pohon rimbun yang tinggi, kawasan tersebut dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai kampung gaib. Disebut kampung gaib karena masyarakat meyakini banyak makhluk tak kasat mata menghuni kawasan jalan tersebut.

Orang-orang yang melewati kawasan itu sering kali melihat tangan patung bergerak layaknya perempuan menari. Konon akan terjadi perubahan gerak pada tubuh patung di waktu tertentu.

Apalagi, karena dianggap sebagai lokasi yang angker kerap kali terjadi kecelakaan dan bencana yang dikaitkan dengan hal-hal yang mistis.

Diketahui dahulu banyak pekerja paksa saat zaman Belanda yang meninggal saat membangun jalan tersebut. Mengingat dahulu pekerja paksa itu diharuskan membelah bukit untuk membuka akses jalan penghubung antara Banyuwangi dengan Jember.

Jika kalian penasaran dan mau merasakan keangkeran di lokasi itu, Alas Gumitir bisa masuk dalam rekomendasi untuk tujuan wisata horor jika kalian berkunjung ke Banyuwangi.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.