Catat, ini 5 Kuliner Khas Banyuwangi yang Wajib Anda Icip

Oleh Novia Harlina pada 23 Jan 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 23 Jan 2022, 12:00 WIB
Festival Banyuwangi Kuliner 2019
Perbesar
Festival Banyuwangi Kuliner 2019 dinilai sangat berbeda. Kali ini, festival tersebut mengangkat kuliner lokal Pecel Rawon.

Liputan6.com, Banyuwangi - Banyuwangi tak pernah ingkar janji soal panorama alamnya yang memukau, destinasi wisata di ujung Pulau Jawa itu cukup komplit mulai dari gunung hingga laut.

Tak hanya objek wisata, Banyuwangi juga menawarkan kuliner khas yang wajib Anda coba ketika berkunjung.

Apa saja kuliner legendaris khas Banyuwangi? Simak ulasan berikut ini:

Saksikan juga video pilihan berikut ini:


Telur Petis

Telur Petis 0714
Perbesar
Telur Petis

Telur petis jadi menu selanjutnya yang wajib Anda icip ketika sedang berada di Banyuwangi. Sajian ini berwarna cokelat pekat, rasanya gurih khas bumbu petis.

Aroma wangi dari daun jeruk juga tercium dari telur petis ini, umumunya telur petis dijadikan menu sarapan di Banyuwangi.


Ayam Pedas

[Bintang] Jawa Timur
Perbesar
Ayam Pedas Rantinem, kuliner Banyuwangi, Jawa Timur. (Sumber Foto: meican1808/Instagram)

Seperti namanya, kuliner ini memiliki cita ras pedas, bahan utamanya yakni ayam kampung dan diolah bersama kuah pedas campuran cabai rawit dan santan.

Sekilas, ayam pedas memiliki rupa seperti ayam opor tetapi dengan kuah lebih pucat dan rasa pedasnya yang siap membuat lidah terkejut. Ayam pedas biasanya disantap bersama nasi hangat dengan taburan bawang goreng dan kerupuk.


Pecel Rawon

rawon
Perbesar
Resep rawon./Copyright shutterstock.com

Pecel rawon ini seperti gabungan sayuran berbumbu pecel dan rawon dengan kuah kluweknya. Paduan itu menghasilkan rasa yang khas, rugi jika Anda tak mncicipinya di Banyuwangi.

Hidangan pecel rawon sangatlah unik, rasanya pedas, manis, dan gurih berkat tambahan rempeyek di atasnya. Anda dapat menjumpai sajian ini di warung-warung di Banyuwangi.


Bagiak

Kue Bagiak
Perbesar
Kue Bagiak (Sumber: wikipedia)

Bagiak ini sejenis penganan, biasanya juga dijadikan buah tangan jika baru saja pulang dari Banyuwangi.Teksturnya yang lumer di mulut dan cocok dijadikan teman minum kopi atau teh.

Banyak varian dari bagiak, seperti rasa susu, rasa kacang, rasa jahe, dan rasa kayu manis.


Rujak Soto

Rujak Soto
Perbesar
Rujak Soto Banyuwangi yang komplit karena dilengkapi dengan sayur dan daging (dok. Instagram @foods_jatim/https://www.instagram.com/p/BrYn0mMHZV6/Esther Novita Inochi)

Sama seperti pecel rawon yang menggabungkan pecel dan rawon, begitu juga rujak dan soto. Namun rujak di sini merupakan rujak yang identik dengan bumbu petis, lalu dipadu bersama soto yang terbuat dari kuah kaldu hasil rebusan daging sapi dan jeroan sapi.

Dalam semangkok rujak soto, Anda bisa menyantap rujak petis, potongan jeroan sapi dengan kuah soto dan juga potongan lontong. Kadang-kadang juga ada bonus ceker ayam lho.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya