Sukses

Catat, ini 5 Kuliner Khas Banyuwangi yang Wajib Anda Icip

Ragam jenis kuliner di Banyuwangi ini wajib Anda coba

Liputan6.com, Banyuwangi - Banyuwangi tak pernah ingkar janji soal panorama alamnya yang memukau, destinasi wisata di ujung Pulau Jawa itu cukup komplit mulai dari gunung hingga laut.

Tak hanya objek wisata, Banyuwangi juga menawarkan kuliner khas yang wajib Anda coba ketika berkunjung.

Apa saja kuliner legendaris khas Banyuwangi? Simak ulasan berikut ini:

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Telur Petis

Telur petis jadi menu selanjutnya yang wajib Anda icip ketika sedang berada di Banyuwangi. Sajian ini berwarna cokelat pekat, rasanya gurih khas bumbu petis.

Aroma wangi dari daun jeruk juga tercium dari telur petis ini, umumunya telur petis dijadikan menu sarapan di Banyuwangi.

3 dari 6 halaman

Ayam Pedas

Seperti namanya, kuliner ini memiliki cita ras pedas, bahan utamanya yakni ayam kampung dan diolah bersama kuah pedas campuran cabai rawit dan santan.

Sekilas, ayam pedas memiliki rupa seperti ayam opor tetapi dengan kuah lebih pucat dan rasa pedasnya yang siap membuat lidah terkejut. Ayam pedas biasanya disantap bersama nasi hangat dengan taburan bawang goreng dan kerupuk.

4 dari 6 halaman

Pecel Rawon

Pecel rawon ini seperti gabungan sayuran berbumbu pecel dan rawon dengan kuah kluweknya. Paduan itu menghasilkan rasa yang khas, rugi jika Anda tak mncicipinya di Banyuwangi.

Hidangan pecel rawon sangatlah unik, rasanya pedas, manis, dan gurih berkat tambahan rempeyek di atasnya. Anda dapat menjumpai sajian ini di warung-warung di Banyuwangi.

5 dari 6 halaman

Bagiak

Bagiak ini sejenis penganan, biasanya juga dijadikan buah tangan jika baru saja pulang dari Banyuwangi.Teksturnya yang lumer di mulut dan cocok dijadikan teman minum kopi atau teh.

Banyak varian dari bagiak, seperti rasa susu, rasa kacang, rasa jahe, dan rasa kayu manis.

6 dari 6 halaman

Rujak Soto

Sama seperti pecel rawon yang menggabungkan pecel dan rawon, begitu juga rujak dan soto. Namun rujak di sini merupakan rujak yang identik dengan bumbu petis, lalu dipadu bersama soto yang terbuat dari kuah kaldu hasil rebusan daging sapi dan jeroan sapi.

Dalam semangkok rujak soto, Anda bisa menyantap rujak petis, potongan jeroan sapi dengan kuah soto dan juga potongan lontong. Kadang-kadang juga ada bonus ceker ayam lho.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini