Sukses

Dear Wisatawan, ini Minuman Legendaris Jawa Timur yang Wajib Anda Coba

MAsing-masing daerah memiliki minuman khasnya, Jawa Timur apa saja?

Liputan6.com, Jatim - Sebagai salah satu penghasil rempah terbesar di Indonesia, Jawa Timur terkenal akan minuman khasnya yang berasal dari rempah-rempah tersebut.

Rempah diolah menjadi beraneka minuman, mulai dari minuman kesehatan, hingga minuman yang sangat mujarab untuk melepas dahaga.

Berikut berbagai minuman khas Jawa Timur kami sajikan kepada Anda.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wedang Angsle

Wedang Angsle merupakan minuman ikonik dan sangat melekat di Jawa Timur. Bahkan ada yang mengatakan, jika kalian belum pernah mencoba wedang angsle, berarti kalian belum pernah ke Jawa Timur.

Minuman Khas Jawa Timur ini memang istimewa, memiliki rasa yang segar serta menyehatkan.

Wedang jahe angsle disajikan dengan roti, putu, ketan dan kacang hijau.

Kuah yang digunakan hampir sama dengan wedang jahe pada umumnya, yaitu jahe dan santan. Tentu saja minuman khas Jawa timur ini akan membuat badan kalian hangat, walaupun tanpa pelukan kekasih.

3 dari 6 halaman

Es Buto Ijo

Nama minuman ini memang seram, yaitu es buto ijo. Buto ijo sendiri terkenal sebagai mahluk dengan perawak besar serta jahat. Hampir disetap kisah baik pewayangan maupun mitos, buto identik dengan hal yang buruk.

eits, tunggu dulu, buto ijo yang satu ini akan memanjakan lidah dan tenggorokan kalian. bagaimana tidak, es buto ijo berbahan dasar kelapa muda, nata de coco, kolang kaling serta sagu mutiara.

Setelah bahan-bahan tersebut berada dalam satu wadah, selanjutnya disiram dengan sirup melon, yang kemudian ditambahkan susu kental manis di atasnya.

Es buto ijo adalah minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Lumajang.

4 dari 6 halaman

Sirup Pokak

Sirup pokak atau biasa disebut juga wedang pokak merupakan minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Probolinggo.

Minuman ini biasa disajikan dalam perayaan besar termasuk idul fitri. Adapun bahan-bahannya seperti gula merah atau gula putih, pandan, kayu manis, cengkeh serta jeruk purut.

Tentu saja dengan banyaknya rempah-rempah yang digunakan, dapat menjaga kebugaran dan stamina pada tubuh.

5 dari 6 halaman

Teh Kocok

Kota Surabaya memiliki minuman seperti jajanan kekinian boba, atau thaitea. Namun disini dikenal dengan Teh kocok. Teh kocok memiliki kemiripan cita rasa dengan teh tarik karena kedua minuman ini sama-sama memiliki warna hitam.

Teh kocok menggunakan teh hitam yang di campur dengan susu kental manis. Tidak terlewatkan penambahan daun mint, yang membuat teh ini sedikit hangat.

6 dari 6 halaman

Es Sinom

Sinom pada awal keberadaannya merupakan sebuah jamu. Bahkan sinom atau minuman tradisional ini bisa kita jumpai di beberapa apotik. Biasanya jamu terkenal pahit dan tidak enak, namun minuman satu ini memiliki rasa yang manis dan enak.

Adapun manfaat es sinom adalah mempelancar buang air besar, mengatasi kerontokan pada rambut, nyeri haid, merawat kulit, serta dapat memperlancar peredaran darah. Gimana tartarik? 

 

Sonya Andomo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.