Sukses

BPBD Jatim: Info Gempa Jumat 21 Januari Hoaks

BPBD konfirmasi informasi gempat itu hoaks

Liputan6.com, Jatim - Informasi mengenai adanya gempa bumi yang terjadi di Malang dan Blitar pada Jumat 21 Januari 2022 dinyatakan hoaks oleh Kalaksa BPBD Jawa Timur, Budi Santosa.

Ia mengatakan dari tujuh gempa berkekuatan 3,5 Skala Richter dengan kedalaman 11 kilo meter yang dirasakan pada Jumat (21/01/2022) pukul 04:30 WIB di Indonesia, tidak ada satupun yang tercatat terjadi di wilayah Jawa Timur.

"Info WRS BMKG dari 7 gempa dirasakan terakhir tidak ada yang berada di wilayah Jawa Timur. Berdasarkan WRS BMKG untuk kejadian gempa dirasakan terakhir berada di Sumatera,” katanya.

Budi menyebut, terdapat misinformasi termasuk beberapa foto yang menunjukkan dampak gempa bumi di wilayah Blitar.

"Untuk foto di media itu adalah foto gempa bumi Blitar tanggal 10 April tahun lalu (2021)," jelasnya.

Sementara Badan Meteorologi Klimatologi Geologi (BMKG) Indonesia menyebut gempa pada tanggal tersebut terjadi pada pukul 17.42 WIB. Titik pusat gempa berada di darat 41 KM Tenggara Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Atas informasi yang salah itu, Budi mengimbau masyarakat Jawa Timur, khususnya di Malang dan Blitar agar tidak panik atas informasi yang tidak benar tersebut.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.