Gunung Puthuk Siwur Mojokerto Wisata Trekking Murah Tiga Jam Sampai Puncak

Oleh Panji Prayitno pada 20 Jan 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 14:00 WIB
Gunung Puthuk Siwur Mojokerto Wisata Trekking Murah Tiga Jam Sampai Puncak
Perbesar
Suasana wisata trekking di Gunung Puthuk Siwur Mojokerto. Foto (Khoirotul Lathifiyah)

Liputan6.com, Mojokerto Kawasan pegunungan di Kabupaten Mojokerto memiliki potensi wisata alam yang bisa dikunjungi. Mulai dari pemandian air panas, hingga wisata trekking.

Salah satunya Gunung Puthuk Siwur yang berada di Claket, Pacet Mojokerto. Kawasan ini diangggap bisa menjadi alternatif liburan singkatmu bersama keluarga.

Gunung Puthuk Siwur berada di ketinggian 1429 Mdpl, menyediakan empat camping ground dengan pemandangan dan suasana yang berbeda-beda. Tentunya lahan untuk berkemah ini ketinggiannya berbeda-beda.

Sebelum berangkat untuk melakukan trekking pendakian, siapkan uang Rp 10.000 untuk biaya tiket masuk wisata dan Rp 5000 untuk parkir motor. Lalu jangan lupa membawa peralatan bermain atau permainan untuk mengisi waktu santai di Gunung Puthuk Siwur.

Puncak Gunung Puthuk Siwur bisa ditempuh dengan estimasi kurang lebih 3 jam saja. Nah, apalagi pada camping ground yang paling bawah hanya bisa ditempuh kurang dari satu jam saja.

Setelah berjalan kurang lebih 30 menit, kalian akan tiba di Camping Ground 1 yang dikelilingi megahnya pohon pinus. Para pendaki bisa berkema karena lahan kosong cukup luas dan nyaman untuk berkemah di Gunung Puthuk Siwur.

Asyiknya disini terdapat ada warung dan juga gazebo untuk bersantai bersama rekan sejawat. Di kawasan Camping Ground 2 dengan ketinggian 1293 Mdpl ini menyuguhkan pemandangan lampu kota jika malam hari.

Saksikan video pilihan berikut ini


Pemandangan Hingga Gemerlap Lampu Kota

Gunung Puthuk Siwur Mojokerto Wisata Trekking Murah Tiga Jam Sampai Puncak
Perbesar
Salah satu spot favorit pengunjung wisata Gunung Puthuk Siwur Mojokerto. Foto (Khoirotul Lathifiyah)

Lokasi ini disebut juga dengan Goa Bebek dengan lahan yang cukup luas dan beberapa pepohonan di area lahan. Selanjutnya Camping Ground 3 dengan lahan lebih terbuka dibandingkan dengan spot sebelumnya.

Lokasi ini menyuguhkan pemandangan bukit, pegunungan, dan pastinya gemerlapnya lampu kota di malam hari. Pos perkemahan terakhir yakni Camping Ground 4 yang terletak tepat di bawah puncak Gunung Puthuk Siwur.

Lahan perkemahan ini lebih tertutup karena dikelilingi bebatuan dan juga pohon-pohon yang cukup besar. Selain itu disini semak-semak disini lebih rimbun dan memadati bebatuan yang ada disekeliling area perkemahan.

Kelebihannya berkemah pos ini pendaki bisa langsung naik ke puncak dalam waktu dua menit saja. Jadi bisa bersantai di gazebo maupun bebatuan yang ada di puncak.

Penulis: Khoirotul Lathifiyah

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya