Segarnya Es Batil Pelepas Dahaga di Bulubrangsi Lamongan

Oleh Panji Prayitno pada 20 Jan 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 12:00 WIB
Segarnya Es Batil Pelepas Dahaga di Bulubrangsi Lamongan
Perbesar
Suasana pengunjung di kedai es Batil Lamongan Jawa Timur. (Istimewa)

Liputan6.com, Lamongan Ragam menu es campur di Jawa memiliki berbagai jenis dan rasa yang unik. Sehingga masing-masing pedagang es campur memiliki pelanggan berbeda.

Namu demikian, tidak untuk pedagang es campur yang ada di Kabupate Lamongan Jawa Timur. Es campur yang terbilang legendaris tersebut banyak diminati masyarakat dari seluruh kalangan.

Es campur tersebut bernama Es Batil Lamongan di Desa Bulubrangsi Kecamatan Laren. Batil, merupakan makanan serupa dengan apem yang merupakan sebuah roti basah dikukus dengan bahas dasar tepung beras, ragi instan, gula dan bahan lainnya.

Berbeda dengan es campur pada umumnya, Es Batil Lamongan ini menggunakan tape untuk menjadi tambahan adonan. Bentuk pengukus berukuran besar dan disesuaikan dengan cetakan lengser.

Menikmati dinginnya es batil dapat membantu melepas dahaga di tengah aktivitas masyarakat yang tinggi. Es Batil diketahui berada di tepat tepi jalan arah menuju pantai utara kawasan Paciran Lamongan.

Lokasinya dekat dengan Waduk Jajong yang digunakan untuk perairan sawah. Satu porsi Es Batil ini terdiri dari batil yang diiris kecil- kecil.

Saksikan video pilihan berikut ini


Tahun 90 an

Satu porsi berii varian kacang hijau, dawet hijau, buah siwalan yang dipotong ukuran kecil, gula aren dari legen, es batu dan santan.

Cukup satu porsi kalian bisa menikmati segarnya es tersebut sampai kenyang. Meski masih dalam bentuk warung yang memanjang di tepi jalan, pembeli masih bisa bersantai dan nyaman saat membeli es ini.

Bahkan suasana sawah dan angin sepoi-sepoi memberikan kesan tersendiri untuk pembeli. Tempat jualan Es Batil ini mudah ditemukan bagi kalian yang bukan asli orang Lamongan.

Sebab, di warung tersebut terpampang banner yang bertuliskan Bu Bayanah yang menyediakan Es Batil, Es Siwalan dan beberapa macam gorengan.

Warung yang sudah berdiri sejak tahun 1990-an ini setiap hari puluhan pelanggan yang datang. Bahkan tidak hanya pengendara motor, tapi juga mobil-mobil berjejer mengantri untuk membeli Es Batil ini.

Jam operasional warung ini pagi-sore yakni pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB yang setiap harinya hampir menjual seribu porsi es, baik es Batil dan Siwalan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya