Bencana Awal Tahun, Puluhan Rumah di Situbondo Porak-Poranda Diterjang Puting Beliung

Oleh Novia Harlina pada 19 Jan 2022, 01:00 WIB
Diperbarui 19 Jan 2022, 01:00 WIB
Angin Puting Beliung - Vania
Perbesar
Ilustrasi Angin Puting Beliung/https://unsplash.com/Nikolas Noonan

Liputan6.com, Situbondo - Angin puting beliung yang menerjang di Desa Talkandang Kecamatan Kota, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mengakibatkan puluhan rumah porak-poranda, Selasa (18/1/2022).

Bencana angin puting beliung itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB disertai hujan deras. Setidaknya 22 rumah mengalami rusak ringan hingga berat.

Analis Penanggulangan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Gatot Trikorawan menyebut rumah warga yang rusak akibat terjangan angin puting beliung di Dusun Lugundang Barat sebanyak tujuh unit.

Kemudian di Dusun Lugundang Timur tercatat sebanyak 15 rumah. Tak hanya itu, sejumlah pohon dan tiang listrik juga roboh hingga menimpa rumah warga.

"Kalau yang rusat ringan itu rata-rata bagian atapnya, sementara yang berat ada beberapa rumah semi permanen yang ambruk," katanya dilansir dari Antara.

Melihat situasi itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi turun langsung ke lokasi bencana alam angin puting beliung. Ia menemui para korban dan memeberikan bantuan sembako.

"Iya pak bupati sudah turun ke lokasi, sementara petugas bersiaga dan membantu warga," ujarnya.

Selain angin puting beliung, pada Selasa (18/1/2022) banjir juga melanda beberapa titik di Kabupaten Situbondo. Hal ini terjadi karena cuaca buruk di daerah itu.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya