Sukses

Ramai HAKI Citayam Fashion Week, Ternyata Ini Keuntungan Punya Hak Kekayaan Intelektual

Berikut sederet manfaat HAKI

Liputan6.com, Semarang - Media sosial dihebohkan dengan pengajuan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Citayam Fashion Week (CFW) oleh selebritis Baim Wong. Warganet hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mengeluarkan pendapatnya mengenai pendaftaran HAKI atas nama Baim Wong yang dinilai kurang tepat.

Diketahui HAKI adalah hak ekslusif yang sah secara hukum atas hasil karya cipta sesuatu. Hak ini dapat diberikan secara khusus pada perseorangan maupun kelompok yang mendaftarkan hasil karya ciptanya.

Ada beberapa alasan yang membuat HAKI itu penting. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat HAKI.

1. Antisipasi Pelanggaran HAKI

Dengan mendaftarkan merek ke HAKI, pemegang hak dapat mengetahui dengan pasti apakah merek tersebut boleh digunakan atau telah igunakan oleh bisnis lain.

2. Mendapatkan Perlindungan Hukum

Mendaftarkan diri ke HAKI juga untuk mendapatkan legalitas yang diberikan oleh negara kepada pemilik merek. Pemilik perlu mendaftarkan merek kepada kementerian hukum dan HAM sebagai bentuk perlindungan hukum terhadap merek yang dimiliki.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Identitas demi Kredibilitas

3. Identitas demi Kredibilitas

HAKI sebuah merek dapat menjadi identitas yang membedakan barang atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan.

4. Hak Eksklusif atas Merek

Pemilik merek berhak melarang pihak lain menggunakan merek tersebut. Sedangkan pemberian izin untuk penggunaan merek yang terdaftar harus melalui lisensi.

5. Memiliki Hak Pengajuan Pembatalan Merek

Pemilik merek memiliki hak untuk mengajukan gugatan pembatalan terhadap merek lain yang memiliki persamaan pada pokok atau keseluruhan merek ke Pengadilan Niaga.

6. Menambah Nilai Aset Perusahaan

Merek juga dapat digunakan untuk melakukan branding perusahaan. Jika branding perusahaan baik, maka secara tidak langsung akan mengundang investor untuk menanamkan modal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.