Sukses

Nostalgia Yuk, Ini 7 Anime yang Melekat di Hati Generasi 90-an

Berikut sederet anime 90-an yang populer

Liputan6.com, Semarang - Bagi generasi 90-an film-film animasi atau anime merupakan teman berakhir pekan yang menyenangkan. Film kartun asal Jepang ini merajai televisi tanah air pada tahun-tahun tersebut.

Banyak sekali judul film anime yang tayang di layar kaca Indonesia, hampir semua film anime ini sangat populer dan legendaris. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet anime 90-an yang populer.

1. Crayon Shin-Chan

Crayon Shin-Chan merupakan salah satu anime yang tetap eksis dan dikenal oleh anak-anak zaman sekarang. Shin-chan  sang tokoh utama sangat populer pada 1990-an.

Anime berjudul Crayon Shin-chan adalah serial kartun Jepang yang dibuat oleh Mitsuru Hongo dan Keiichi Hara pada 1992-1996. Serial tersebut kemudian dilanjutkan kembali oleh Keiichi Hara hingga 2004.

Anime ini juga dirilis di era yang lebih baru, yakni pada 2004 hingga 2020. Hal ini membuat Crayon Shin-chan menjadi salah satu anime dengan episode terbanyak yang mencapai 1.035 episode sejak 1992.

Anime ini bercerita mengenai Shin-chan si anak badung dan jahil ini akan membuat siapa saja merasa gemas sekaligus jengkel dibuatnya. Di mana ada Shin-chan, di situlah terdapat musibah yang akan membuat malu ibunya yang bernama Misae Nohara.

Meskipun terkesan sederhana, banyak yang menilai serial Shin-chan ini memang ditujukan untuk penonton dewasa.

2. Dragon Ball

Dragon Ball dan Dragon Ball Z merupakan manga sekaligus anime yang sangat terkenal di dunia. Bahkan, waralaba Dragon Ball menjadi salah satu waralaba asli Jepang yang paling laris terjual.

Dragon Ball sendiri adalah karya yang diciptakan oleh Akira Toriyama, seorang seniman Jepang yang namanya sudah sangat dikenal di dunia manga dan anime. Dragon Ball versi anime pertama kali dirilis di televisi Jepang pada 1986 lalu.

Seiring dengan berjalannya waktu, cerita semakin kompleks dan melibatkan karakter-karakter unik lainnya dari seluruh alam semesta. Hal yang cukup membedakan dengan anime lainnya adalah masifnya jurus-jurus pamungkas pada serial Dragon Ball maupun Dragon Ball Z.

Seorang bangsa Saiyan yang sudah mencapai kekuatan tertentu sanggup menghancurkan sebuah planet dengan tenaga dalamnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doraemon

3. Doraemon

Doraemon menjadi salah satu anime yang masih memiliki banyak penggemar dari seluruh dunia hingga saat ini. Anime berjudul Doraemon bahkan sudah diputar di televisi Jepang pada 1973 dan mengalami puncak ketenarannya di sepanjang 1990-an.

Di Indonesia sendiri, manga dan anime Doraemon sudah sangat dikenal dan memiliki basis penggemar yang cukup kuat. Pencipta asli dari serial Doraemon adalah Fujiko F. Fujio.

Namun, Fujiko meninggal dunia pada 1996 saat Doraemon sedang berada dalam puncak ketenarannya. Beberapa penggemar bahkan menyatakan bahwa serial Doraemon terbaik yang pernah dibuat adalah sejak 1990 hingga kematian Fujiko Fujio pada September 1996.

Sejak era 2000-an, kisah-kisah mengenai Doraemon dan Nobita memang tetap dibuat oleh seniman lain. Sayangnya, beberapa cerita justru terkesan dipaksakan.

Selain manga dan anime, Doraemon juga sukses diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama. Anime Doraemon juga menjadi salah satu anime dengan akhir cerita yang sangat banyak dan beraneka ragam mengingat Fujiko memang belum sempat menyelesaikan karya besarnya tersebut.

4. Samurai X

Serial anime Samurai X atau Rurouni Kenshin konon merupakan serial anime terbaik dari segi cerita. Bukan tanpa sebab, beberapa kisah asli di zaman Restorasi Meiji dan akhir zaman Edo juga dilibatkan dalam anime ini.

Sebelum di produksi menjadi sebuah film, Rurouni Kenshin tentu saja juga lebih dulu dibuat dalam bentuk manga. Penciptanya tak lain adalah Nobuhiro Watsuki (Nobuhiro Nishiwaki), seorang seniman manga asal Jepang yang juga terkenal dengan karyanya yang lain bernama Buso Renkin.

Rurouni Kenshin juga diadaptasi dalam layar lebar dengan judul dan cerita yang sama dengan versi manganya. Samurai X sendiri bercerita mengenai petualangan seorang samurai tak bertuan bernama Kenshin Himura.

Secara umum, petualangan Kenshin bukanlah sebuah perjalanan hidup yang indah. Pasalnya, Kenshin harus melanjutkan hidup untuk menebus semua kesalahan dan kejahatannya di masa lalu.

5. Mojacko

Mojacko jadi rekomendasi anime jadul tahun 90-an selanjutnya. Anime yang identik dengan sosok Doraemon ini dibuat oleh pengarang yang sama, yakni Fujiko F. Fujio.

Di Jepang, manga Mojacko dirilis berdekatan dengan Doraemon, yakni sekitar 1970. Namun, animenya baru meledak di Indonesia pada pertengahan 1990-an.

Karakter utama pada anime ini bernama Sorao. Suatu hari, dalam penyelidikan gedung sekolah karena terjadi peristiwa aneh, Sorao bertemu dengan dua alien yang terdampar di Bumi setelah kapal luar angkasa mereka jatuh. Kedua alien diketahui berasal dari planet Moja.

Kedua alien itu bernama Mojacko dan Donmo. Keduanya menawarkan Sorao untuk menjelajahi luar angkasa bersama. Ketiganya lalu pergi ke luar angkasa untuk berpetualang mengunjungi planet yang berbeda.

 

3 dari 3 halaman

Slam Dunk

6. Slam Dunk

Slam Dunk menjelma menjadi anime olahraga paling populer pada era 90-an. Anime yang diangkat dari manga karya Takehiko Inoue ini eksis selama enam tahun, mulai dari 1990 hingga 1996.

Anime ini berkisah tentang tim basket SMA Shohoku. Karakter utama Hanamichi Sakuragi diceritakan awalnya merupakan seorang kepala geng dan gemar berkelahi.

Sakuragi jatuh cinta dengan salah satu wanita di sekolahnya yang bernama Haruko. Suatu hari, Hanamichi mengajak kencan Haruko, dengan syarat Hanamichi mau bergabung di klub basket.

Awalnya, Sakuragi menolak. Namun, demi mendapat perhatian Haruko, Sakuragi masuk dan menantang semua anggota klub basket tanpa tahu cara bermain dan aturannya. Secara perlahan Sakuragi mulai menyukai dan mendalami basket, terutama setelah menjadikan Kaede Rukawa salah satu pemain terbaik sebagai rivalnya.

7. Sailor Moon

Salah satu sosok superhero yang cukup populeri pada era 90-an adalah Usagi Tsukino dengan Sailormoon. Anime yang dibuat dari mangan karya Naoko Takeuchi berkisah tentang 5 gadis berkekuatan super elemen-elemen alam dan tata surya.

Usagi mendapat kekuatan super dari seorang kucing ajaib yang bisa berbicara bernama Luna. Dalam perjalanannya melawan pasukan kejahatan, dia bertemu dengan pahlawan lainnya yakni Ami Mizuno (Sailor Mercury), Rei Hino (Sailor Mars), Makoto Kino (Sailor Jupiter), Aino Minako (Sailor Venus), dan Setsuna Meiou (Sailor Pluto).

Kelima sailor mempunyai misi mencari sang putri bulang dan kristal perak. Dalam usaha mendapatkannya, mereka harus bersaing dengan kelompok jahat yang bertemakan nama-nama bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.