Pertolongan Pertama Saat Wajah Breakout dan Penuh Jerawat

Oleh Liputan6.com pada 26 Jul 2022, 22:00 WIB
Diperbarui 26 Jul 2022, 22:00 WIB
Ilustrasi Jerawat
Perbesar
Ilustrasi jerawat (dok. Pixabay.com)

Liputan6.com, Semarang - Jerawat menjadi masalah kulit yang paling sering dialami semua orang. Munculnya jerawat tak jarang dapat mengurangi rasa percaya diri.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat, bisa dari pola hidup yang kurang teratur hingga komsumsi makanan yang tidak sehat. Beberapa faktor tersebut di antaranya Stress, kurang tidur, sering begadang, konsumsi makanan tidak sehat, perubahan cuaca, hormon tidak seimbang, skin barrier rusak, hingga tidak cocok dengan suatu produk.

Namun, bukan berarti jerawat tidak bisa diobati. Berikut beberapa pertolongan pertama jerawat muncul di kulit:

1. Jangan gunakan AHA, BHA, Vitamin C, dan Retinol sementara waktu

AHA, BHA, Vitamin C, dan Retinol merupakan kandungan aktif yang umumnya ada di produk skincare. Saat muncul jerawat, cobalah untuk fokus ke penggunaan produk skincare yang memperkuat skin barrier, seperti yang bersifat humektan, emmolient, dan occlusive.

Kandungan yang bersifat humektan, yakni hyaluronic acid, glycerin, dan panthenol yang berfungsi menghidrasi kulit. Kandungan emmolient seperti ceramide, urea, dan cholesterol penting untuk memperkuat struktur skin barier.

Sementara occlusive seperti plant oil dan silicone berfungsi untuk mencegah hilangnya kelembaban dan nutrisi dari kulit.

2. Lakukan CSM

Beberapa tahun terakhir, Chizu Saeki Method (CSM) memang sedang populer. Ternyata teknik ini juga bisa bermanfaat untuk meredakan jerawat.

Caranya cukup mudah, tuang hydrating toner ke kapas hingga basah, kemudian gunakan kapas tersebut untuk mengompres wajah. Diamkan selama 3-5 menit, setelah itu lanjutkan ke rangkaian skincare selanjutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Obat Jerawat

3. Gunakan obat totol jerawat dan acne patch

Setelah menetralkan wajah sekitar 2-3 minggu dengan basic skincare dan kompres wajah. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan obat totol jerawat.

Setelah memakai obat totol jerawat, tunggu hingga matang dan muncul mata jerawat. Jika sudah muncul matanya, kamu bisa menutupnya dengan menggunakan acne patch.

4. Perbaiki pola hidup

Menjaga kesehatan kulit juga harus dilakukan dari dalam. Hal sederhana yang bisa dilakukan yakni mengurangi asupan gula yang masuk ke tubuh, seperti mengurangi mengkonsumsi minuman boba atau kopi susu.

Selain itu, usahakan untuk tidak tidur terlalu malam. Kurang tidur dapat mengganggu kinerja sistem endokrin yang mengakibatkan hormon menjadi berantakan.

(Resla Aknaita Chak)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya