Sukses

Tips Menabung Ini Bisa Dilakukan Semua Orang

Simak tips-tips menabung sederhana berikut agar kebutuhan finansialmu aman dan terkendali

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi sebagian orang, menabung menjadi hal yang sulit dilakukan. Seringkali seseorang merasa tergoda untuk menjadi konsumtif sehingga mengabaikan pentingnya menabung.

Berbicara soal menabung memang terdengar sepele. Padahal menabung sangat penting untuk investasi atau jika ada keperluan mendesak.

Namun, bagi kamu yang kesulitan menyisihkan uang, simak tips-tips menabung sederhana berikut agar kebutuhan finansialmu aman dan terkendali:

1. Mulai dengan nominal kecil

Tips pertama yang bisa dicoba adalah memulai dengan nominal uang kecil. Hal ini bisa membantu dalam membangun komitmen dan niat menabung.

Sebagai langkah awal, cobalah dengan menabung uang kertas Rp10.000. Langkah sederhana lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyisihkan uang kembalian setelah berbelanja.

2. Naikkan nominal secara perlahan

Selanjutnya, jika tips pertama sudah berhasil dilakukan selama beberapa minggu, lakukan tips kedua ini. Tambah nominal menabung yang mulanya Rp10.000 menjadi Rp20.000.

Setelah terbiasa dan dirasa tidak memberatkan diri, kamu bisa menambah nominal lagi sesuai kemampuan. Lakukan hal ini secara konsisten.

3. Pilihlah Wadah Bening

Wadah bening memungkinkanmu untuk melihat pundi uang yang sudah terkumpul. Hal ini akan membuat lebih bersemangat dalam menabung.

Agar lebih konsisten, tempelkan catatan warna warni di wadah tersebut bertuliskan tujuan yang ingin tercapai. Terpenting, jangan lupa simpan wadah ini di lokasi yang tidak mudah dijangkau orang lain.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pindahkan ke Bank

4. Pindahkan ke Bank

Menabung di rumah secara harian atau bulanan bisa menjadi langkah awal untuk menumbuhkan kebiasaan dan komitmen menabung. Jika uang sudah terkumpul, kamu bisa memindahkannya ke bank.

Selain demi keamanan, langkah ini juga merupakan langkah preventif agar uang tabungan tidak terpakai untuk kebutuhan lain. Ada berbagai macam program menabung yang bisa dipilih, misalnya deposito yang menyertakan bunga keuntungan.

Kamu juga bisa mengikuti program tabungan berjangka. Tabungan jenis ini nantinya

akan secara otomatis memotong saldo rekening setiap bulan untuk ditabung, jadi kamu tidak perlu lagi memikirkan berapa nominal yang akan ditabung.

5. Gunakan Metode Balik Tanggal

Menjelang akhir bulan, banyak orang merasa kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan harian. Akhirnya, tabungan terpakai sampai tiba gajian berikutnya.

Nah, cara ini cocok untuk kamu yang sering mengalami hal tersebut. Caranya mudah, yaitu menabung setiap hari dengan tanggal.

Sesuai namanya, yaitu balik tanggal, maka nilai tabungan di awal bulan sebesar tanggal terakhir bulan tersebut. Sebagai contoh, jika kamu akan memulai menabung pada 1 Agustus, maka nilai yang harus ditabung pada tanggal 1 Agustus adalah sebesar Rp31.000.

Selanjutnya, tanggal 2 Agustus sebesar Rp30.000, 3 Agustus sebesar Rp29.000, dan seterusnya. Kemudian pada 31 Agustus, kamu cukup menabung sebesar Rp1.000.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.