Bukan Jeje, Bonge dan Kurma, Ternyata Ini Sosok Pencetus Citayam Fashion Week

Oleh Liputan6.com pada 25 Jul 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 25 Jul 2022, 18:00 WIB
Citayam Fashion Week, Cara Eksis Remaja Tanggung di Belantara Ibu Kota
Perbesar
Citayam Fashion Week, Cara Eksis Remaja Tanggung di Belantara Ibu Kota (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Cilacap - Belakangan fenomena Citayam Fashion Week mengemuka, bahkan menjadi trending di beberapa media sosial seperti Twitter. Hingga Senin, 25 Juli 2022 sebanyak 40,3 ribu tweet menggunakan istilah ini.

Meskipun keberadaannya menimbulkan pro kontra dikalangan masyarakat, sebab ada sebagian masyarakat yang merasa terganggu dengan fenomena ini, namun tak sedikit juga yang mendukung pagelaran busana ini. Lalu apa itu Citayam Fashion Week?

Merangkum berbagai sumber, Citayam Fashion Week merupakan ajang pameran busana yang diduga meniru Paris Fashion Week. Sedangkan  Paris Fashion Week itu sendiri merupakan ajang pameran busana bergengsi yang dihelat di kota Paris.

Paris terkenal sebagai kota mode. Paris menjadi tempat lahirnya fashion show pertama yang kemudian dikenal dengan Fashion Week atau Pekan Mode. Di sini, rangkaian karya desainer terkenal ditampilkan di depan banyak pasang mata.

Ada banyak brand ternama yang turut tampil di Paris Fashion Week. Brand ini seperti Louis Vuitton, Dior, Saint Laurent, Balenciaga, dan banyak lagi. Menariknya lagi, dua brand fashion asal Indonesia yaitu Sean Sheila dan Jewel Rocks Bijoux berhasil menembus panggung bergengsi ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Sosok Pertama Pencetus Citayam Fashion Week

Bedanya dengan Paris Fashion Week, jika Paris Fashion Week diikuti oleh desainer kondang, Citayam Fashion Week awalnya dimulai olah anak-anak muda yang nongkrong di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat dan berasal dari dari Citayam, Depok.

Oleh karena itu, ajang pameran busana jalanan itu dinamakan Citayam Fashion Week (CFW).

Awalnya ada dugaan bahwa sosok pencetus Citayam Fashion Week, adalah Jeje, Bonge dan Kurma. Sebab ketiganya kerap dilekatkan dengan fenomena Citayam Fashion Week yang kini sedang tren.

Namun setelah ditelusuri nama pencetus atau penggagas Citayam Fashion Week bukan mereka bertiga. lalu siapa yang pertama kali mencetuskan Citayam Fashion Week?

Citayam Fashion Week pertama kali digagas oleh Abdul Sofi Allail atau akran disapa 'Ale'. Selain sebagai pencetus, pemuda berusia 19 tahun ini juga turut serta dalam pamer outfit dalam pagelaran tersebut.

Selain itu diketahui bahwa Ale merupakan seorang pegawai swasta yang bekerja sebagai digital marketing, kreator konten dan model freelance.

 


Didatangi Artis dan Pejabat

Mengutip kanal Hot Liputan6.com, sejak viral di dunia maya, fenomena Citayam Fashion Week hingga kini masih mencuri perhatian publik. Bahkan saat ini beberapa selebriti Indonesia dan pejabat ikut turun ke jalan di Dukuh Atas yang merupakan tempat nongkrong anak-anak "SCBD".

Sebelumnya ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama perwakilan European Investment Bank tampak ikut "adu outfit" di zebra cross. Mulailah ramai para artis ikut langsung melenggang di Citayam Fashion Week dekat MRT Dukuh Atas dengan busana pilihannya.

Selain itu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga mendatangi lokasi tersebut atas undangan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk meramaikan ruang publik yang berada di Jakarta tersebut. 

Meski tak ikut catwalk, penampilan Cinta Kuya saat wawancara sejumlah ABG 'SCBD' ini juga mencuri perhatian. Selain itu terlihat Baim Wong dan istrinya Paula Verhoeven yang dikenal sebagai model internasional ikut catwalk di Citayam Fashion Week.

Penulis: Khazim Mahrur

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya