Sukses

Tahun Alip, Komunitas Islam Kejawen di Banyumas Rayakan Iduladha Hari Ini

Tahun 2022 ini adalah tahun Alip dalam penanggalan Aboge. Pada tahun Alip, Perlon Besar atau Bada Besar tiba pada Kamis ketiga bulan Aji (Haji-red), yang tahun ini tiba pada hari Kamis Pon

Liputan6.com, Banyumas - Penganut Islam Kejawen Komunitas Banokeling di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menggelar Iduladha hari ini, Kamis (21/7/2022).

Dalam tradisi Komunitas Banokeling, Idualadha disebut dengan Bada Besar atau Perlon Besar.

Serupa dengan umat Islam lainnya, dalam perlon besar juga ada kurban. Persiapan Perlon Besar telah dimulai pada Rabu berupa datangnya hewan ternak yang akan dipotong.

Kemudian, pada Kamis dilakukan penyembelihan sekaligus ritual pembersihan, pengecatan, dan ziarah makam. Selanjutnya, pada Kamis malam digelar Muji di Pasemuan atau rumah ibadah.

"Tidak ke Kiai Banokeling, tapi ke Panembahan Kiai Gunung, bersihnya, resik-resiknya, perbaikan, mengecat, segala macam, itu Kiai Gunung. Kamis, Jumat, itu malam Jumatnya muji di Pasemuan (rumah ibadah-red),” ucap Juru Bicara Komunitas Banokeling, Sumitro.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahun Alip

Dia menjelaskan, daging kurban dibagikan dalam bentuk brecek atau sudah masak. Kebiasaan ini berbeda dari lazimnya daging kurban yang dibagikan dalam bentuk mentah.

Sumitro mengungkapkan, tahun 2022 ini adalah tahun Alip dalam penanggalan Aboge. Pada tahun Alip, Perlon Besar atau Bada Besar tiba pada Kamis ketiga bulan Aji (Haji-red), yang tahun ini tiba pada hari Kamis Pon.

Sementara, Bada Rikat telah digelar pada Kamis sebelumnya, yakni Kamis pasaran Legi (14/7/2022), sepekan sebelumnya.

"Karena Kamis keduanya kegiatan Banokeling. Kemudian, setelah Kamis kegiatan Banokeling, Kamis selanjutnya acara itu (Perlon Besar). Acaranya paling-paling ini kan brecek Kambing,” kata Sumitro.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.