Sukses

Menghitung Muatan Truk dengan Kecerdasan Buatan ala Start Up AI Yogyakarta

Teknologi LiDAR digunakan pada produk tersebut untuk mengukur volume material yang diangkut oleh forklift, truk, dump truck, dan lain sebagainya di lokasi konstruksi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Start up AI Yogyakarta Widya Robotics kembali berinovasi. Kali ini, perusahaan rintisan berbasis kecerdasan buatan berinovasi mengembangkan perangkat yang mempermudah penghitungan muatan truk.

Namanya, Widya Load Scanner. Teknologi LiDAR digunakan pada produk tersebut untuk mengukur volume material yang diangkut oleh forklift, truk, dump truck, dan lain sebagainya di lokasi konstruksi.

Ketimbang metode penghitungan manual, penggunaan Widya Load Scanner membuat penghitungan volume material dapat terbukti lebih cepat, efisien, efektif, dan real time.

Widya Load Scanner menawarkan teknologi pengukur muatan truk dengan cara yang lebih praktis. Dengan menggunakan teknologi light radar, alat ini mampu memberikan akurasi yang tinggi dalam mengukur volume pada muatan truk dan hasilnya pun dapat langsung di monitor secara realtime pada dashboard oleh operator.

“Produk ini merupakan solusi yang paling tepat, cepat, dan akurat dalam menghitung volume material terutama yang berada dalam truk. Dengan adanya alat tersebut, efektivitas kerja dalam pengukuran material dapat dilakukan dengan lebih mudah,” ujar Co-Founder dan CEO Widya Robotics Alwy Herfian S, dalam siaran persnya di Yogyakarta, Rabu (20/7/2022).

Widya Robotics menawarkan produk Widya Load Scanner dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan teknologi yang sudah ada. Tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) produk ini pun sudah sangat tinggi.

“Perangkat lunak, sistem, teknologi, serta komponen-komponen lain, selain alat pemindai, dibuat sendiri oleh team Widya Robotics, bukan dari luar negeri, sementara untuk komponen laser masih didatangkan dari Eropa,” ucapnya.

PT PP (Persero) sebagai salah satu perusahaan yang telah menggunakan produk Widya Load Scanner mengungkapkan kepuasannya dalam menggunakan Widya Load Scanner.

“Dengan semangat teknologi Indonesia yang terus berkembang kita bersama dapat menciptakan kreasi teknologi anak bangsa,” kata Senior Manager Head of Research and Innovation Department PT PP (Persero), Tbk Juniar Bakti Alkafianto.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.