Sukses

Kronologi dan Penyebab Candi Borobudur Tak Masuk Daftar 7 Keajaiban Dunia

Berdasar laman resmi New 7 Wonders of the World, Senin (18/7/2022), tak ada nama Candi Borobudur dalam daftar 7 Keajaiban Dunia tersebut

Liputan6.com, Magelang - Sebagian masyarakat Indonesia mahfum bahwa Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah, adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Belakangan, muncul polemik karena pada kenyataannya Candi Borobudur tidak masuk daftar 7 Keajaiban Dunia, sesuai rilis terbaru.

Fakta itu semula dianggap bualan. Namun, belakangan sejumlah pihak mengonfirmasi bahwa Borobudur memang tidak masuk.

Semula, kabar itu viral setelah diunggah oleh seorang Youtuber. Si pengunggah dicaci dan bahkan ada yang menganggapnya mencari sensasi.

Mengutip kanal Lifestyle Liputan6.com, berdasar laman resmi New 7 Wonders of the World, Senin (18/7/2022), tak ada nama Candi Borobudur dalam daftar 7 Keajaiban Dunia tersebut.

Terkini, yang masuk dalam daftar adalah Tembok Besar China, Petra Yordania, Colosseum Italia, Machu Picchu Peru, Taj Mahal India, Patung Kristus Sang Penebus Brasil, dan Chichén Itzá Meksiko.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seleksi 7 Keajaiban Dunia

Daftar ini diumumkan melalui deklarasi resmi tentang 7 Keajaiban Dunia di Lisbon pada 7 Juli 2007 lalu.

Peluncuran kampanye awal dan pembangunan kesadaran di seluruh dunia terkait 7 Keajaiban Dunia ini dimulai pada 2000 lalu. Pada periode 2004--2005, dilakukan pemungutan suara di antara 176 nominasi di lokasi yang berpartisipasi.

Kemudian pada 24 Desember 2005, sebanyak 77 situs teratas lolos ke N7W Panel of Experts bagi mereka untuk memilih finalis. Pengumuman 21 Finalis Resmi dilakukan pada 1 Januari 2006, diikuti oleh Tur Dunia pada tahun 2006--2007.

Candi Borobudur dan Tegallalang Rice Terraces hanya masuk dalam daftar 176 nominasi yang berpartisipasi dalam kampanye 7 Keajaiban Dunia Baru. Terpilihnya 7 Keajaiban Dunia ini adalah hasil pemungutan suara lebih dari 100 juta suara di seluruh dunia.

7 Keajaiban Dunia Baru semuanya sama, tidak ada peringkat di antara daftar. Aktris Hilary Swank dan Bipasha Basu dan aktor Ben Kingsley menjadi pembawa acara di Stadion Benfica Lisbon saat pengumuman resmi pada 2007 tersebut.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.