Islam Aboge di Banyumas Lebaran Idul Adha Senin Pon Ini, Begini Perhitungan Kalendernya

Oleh Liputan6.com pada 11 Jul 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 11 Jul 2022, 17:00 WIB
Salat Tarawih penganut Islam Aboge di Masjid Saka Tunggal, Cikakak, Wangon, Banyumas, Ramadan 1440 Hijriyah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Perbesar
Salat Tarawih penganut Islam Aboge di Masjid Saka Tunggal, Cikakak, Wangon, Banyumas, Ramadan 1440 Hijriyah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Banyumas - Umat Islam pengguna kalender Alip Rebo Wage (Aboge) di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah berlebaran Idul Adha hari Ini, Senin (11/7/2022).

Umat Islam pengguna kalender Aboge mahfum disebut dengan Islam Aboge.

Imam Masjid Saka Tunggal, Desa Cikakak, Kiai Sulam mengatakan tahun ini merupakan tahun Alip dalam penanggalan Aboge, sehingga Idul Adha Islam Aboge jatuh pada Senin Pon.

Lazimnya Idul Adha, umat Islam di Cikakak menggelar salat Ied, yang dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban.

“Sesuai dengan hitungan Aboge, karena penentuan tanggal yang ditentukan di Aboge. Tanggalnya kemarin bulan Aji itu Sabtu. Bulan Besar Sabtu, karena itu tanggal 10 Dzulhijjahnya Senin (Pon). Ya tahun Alip,” kata Sulam, Senin.

Menurut dia, pemotongan hewan kurban dilakukan di lingkungan masing-masing, bukan tersentral di masjid atau musala. Daging hewan kurban kemudian dibagikan kepada masyarakat.

“Ya kalau di Masjid Saka Tunggal-nya cuma salat Ied. Kalau kurbannya di lingkungan. Cuma kurang paham, jumah kurbannya," ucap dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Kerukunan Antargolongan di Cikakak

Selain Masjid Saka Tunggal, ada dua musala dan satu masjid yang menggelar salat Ied hari ini. Sementara, musala dan masjid di Cikakak lainnya, telah menggelar salat Ied pada Sabtu dan Minggu (9-10/7/2022).

Menurut dia, masyarakat di Cikakak sudah terbiasa dengan perbedaan ketetapan waktu hari besar Islam, seperti Iduladha maupun Idulfitri. Itu sebab, warga menanggapi perbedaan ini sebagai sesuatu yang wajar.

Sebab, interaksi antargolongan di Cikakak telah berlangsung ratusan tahun. Di Cikakak, beragam agama dan golongan hidup rukun dan harmonis.

Diketahui, selain di Cikakak, umat Islam Aboge di sejumlah wilayah lain di Banyumas raya juga menggelar salat Ied hari ini.

Mereka tersebar di sejumlah wilayah lain di Banyumas. Di antaranya, di Kracak, Kecamatan Jatilawang, Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, dan Kecamatan Pekuncen. Kelompok Islam Aboge juga ada di Purbalingga, Banjarnegara, dan Cilacap, serta sejumlah wilayah lainnya.

Tim Rembulan

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya