Sukses

Resep Lengkap dan Cara Membuat Rendang Daging Sapi yang Rasanya Maknyus

Salah satu olahan favorit daging kurban adalah rendang sapi. Jika sebelum momen Iduladha kamu hanya tim menikmati saja, sekarang giliran kamu yang jadi chef-nya meracik daging sapi jadi rendang di rumah.

Liputan6.com, Semarang - Bulan Dzulhijjah bisa disebut juga dengan bulan kurban. Pasalnya, di bulan tersebut terdapat ibadah kurban yang dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 13 Dzulhijjah. Salah satu jenis hewan yang dapat dikurbankan adalah sapi.

Ketika mendapatkan jatah daging kurban, tentu jangan didiamkan saja. Kamu perlu mengolahnya agar daging kurban bisa dinikmati untuk sendiri, keluarga, bahkan saudara.

Salah satu olahan favorit daging kurban adalah rendang sapi. Jika sebelum momen Iduladha kamu hanya tim penikmat saja, sekarang giliran kamu yang jadi chef-nya meracik daging sapi jadi rendang di rumah.

Siap-siap saja dapur rumah jadi bau-bau lezat rendang daging sapi. Jangan lupa, bagi-bagi ke tetangga ya kalau sudah jadi.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resep Rendang Sapi

Buat kamu yang belum tahu resep olahan rendang sapi, tenang saja tak usah khawatir. Dalam artikel ini akan diulas rekomendasi resep untuk membuat rendang sapi yang dikutip dari Masak Apa Hari Ini.

Bahan-bahan untuk membuat rendang sapi sebagai berikut.

- 600 g daging sapi bagian sengkel yang telah dipotong kotak ukuran 5 cm

- 3 lembar daun jeruk

- 2 batang serai, memarkan

- 2.5 liter air

- 130 ml santan instan

- 1 sendok makan bumbu penyedap kaldu sapi 

- ½ sendok makan garam

- 5 sendok makan minyak untuk menumis

- 2 lembar daun salam

- 1lembar daun kunyit

- ½ sendok teh pala bubuk

Selain bahan-bahan itu, kita juga perlu menyiapkan bumbu halus ini.

- 3 cm lengkuas

- 2 cm kunyit

- 1 cm jahe

- 120 g cabai merah keriting

- 15 butir bawang merah

- 10 siung bawang putih

 

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Rendang Sapi

Setelah bahan-bahan untuk membuat rendang sapi lengkap, selanjutnya kita mulai masuk ke langkah-langkah pembuatannya. Cara ini bisa kamu lakukan di rumah.

Pertama, kita masukkan minyak tempat penggorengan dan panaskan. Lalu tumis bumbu yang telah disiapkan bersama jeruk, daun salam, serai, pala, dan daun kunyit.

Kedua, masukkan daging sapi yang telah dipotong ukuran 5 cm. Tambahkan air dan aduklah yang rata supaya bumbu-bumbu dapat meresap ke dagingnya. 

Ketiga, masukkan bumbu penyedap kaldu sapi dan garam. Jika suka santan, maka silakan ditambahkan. Sambil menunggu rendang matang, kita tetap mengaduknya sampai airnya terserap habis.

Setelah proses tersebut selesai, rendang sapi siap disantap. Sangat cocok jika dinikmatinya selagi hangat dan ditambah nasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.