Sukses

Kisah Persahabatan Shinzo Abe dengan Yusril Ihza Mahendra

Yusril juga menceritakan persahabatan dengan Abe terjalin berawal dari persahabatan adiknya, Yusron dengan Abe. Ketika dirinya menjadi Menteri Sekretaris Negara, Abe manjabat sebagai Sekretaris Kabinet Jepang

Liputan6.com, Cilacap - Kepergian mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe bukan hanya menjadi duka bagi masyarakat Jepang akan tetapi duka bagi dunia.

Sebagaimana diketahui Shinzo Abe meninggal karena tertembak saat pidato kampanye untuk Majelis Tinggi Jepang.

Insiden tersebut mendapat sorotan sejumlah tokoh, salah satunya mantan Menteri Sekretaris Negara, Yusril Ihza Mahendra. Yusril memberikan pernyataan melalui akun Twitter miliknya @Yusril Ihza Mahendra, Jumat (8/7/22).

Menurut Yusril, insiden tersebut sangat mengejutkan dirinya dan dunia.

Mantan PM Jepang Shinzo Abe dikonfirmasi wafat tertembak hari ini di Nara saat berkampanye untuk Majelis Tinggi Jepang. Kepergiannya sangat mengejutkan dunia. Juga bagi saya yang mengenal Abe sejak lama sebagai teman dan sahabat,” cuit Yusril.

Yusril juga menceritakan persahabatan dengan Abe terjalin berawal dari persahabatan adiknya, Yusron dengan Abe. Ketika itu dia menjadi Menteri Sekretaris Negara, sementara Abe manjabat sebagai Sekretaris Kabinet Jepang.

Adik saya Yusron mengenal kenal secara pribadi dengan Abe dan beberapa anggota Parlemen Jepang yang lain seperti Fukuda dan Takebe. Dari situ perkenalan dan persahabatan terjalin. Ketika saya jadi Mensesneg, Abe menjadi Sekretaris Kabinet Jepang,” imbuhnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosok Yang Baik dan Rendah Hati

Tidak hanya menceritakan perihal persahabatannya dengan Abe, Yusril mengenang Abe sebagai sosok yang memiliki karakter sangat baik dan rendah hati.

Selain itu, Abe juga sosok yang sangat bersimpati dengan Indonesia dan oleh karenanya dia bersahabat dengan banyak pemimpin Indonesia.

Beberapa kali saya bertemu Abe, bahkan sempat dijamu makan malam di rumahnya di Tokyo. Bagi saya, Abe itu orang sangat baik dan rendah hati. Dia bersahabat dengan banyak pemimpin Indonesia dan sangat bersimpati dengan bangsa dan negara kita,“ kenang Yusril.

Di akhir cuitannya, Yusril mengaku kehilangan atas meninggalnya Abe dan menyampaikan duka cita yang mendalam kepada istri dan keluarganya.

"Kepergian Abe adalah kehilangan besar bagi Jepang, bagi kita dan juga bagi dunia. Saya menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya kepada istri Abe, yang saya kenal juga sangat baik hati dan keluarganya atas wafatnya Abe. Dia akan saya kenang dalam hati selamanya,” tulis Yusril.

Penulis: Khazim Mahrur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.