Sukses

Pesan Menyentuh Ridwan Kamil Saat Jenguk Jemaah Haji Terserang Stroke di Tanah Suci

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjenguk sekaligus menyemangati salah satu jemaah asal Subang, Winingsih, yang sedang terbaring karena stroke.

Liputan6.com, Cilacap - Salah satu jemaah haji asal Indonesia mengalami stroke. Jemaah haji itu bernama Winingsih, asal Subang, Jawa Barat.

Hal ini dikabarkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melalui video yang diunggah akun Instagram pribadinya, Kamis (7/07/22). 

Salah satu jemaah Haji asal Subang Jawa Barat yang sedang mendapatkan ujian. Saya jenguk dan semangati semalam. Beliau sakit terkena stroke saat di tanah suci, yang membuatnya tidak mampu bergerak sehingga tidak bisa melaksanakan lanjutan ritual ibadah haji,” tulis Ridwan Kamil sebagai keterangan dari videonya.

Kang Emil mengatakan dalam kondisi seperti itu, Islam memberikan kemudahan bagi yang mengalami kendala dalam melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, tim haji Jawa Barat juga sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menyiapkan pengganti sebagai badal haji atas nama Winingsih.

“Untungnya, Islam memberikan kemudahan atau rukhsah kepada mereka yang berhalangan. Tim Haji Jawa Barat sudah mengantisipasi hal-hal ini, dengan menyiapkan personel pengganti Ibu Winingsih dengan syariat yang disebut Badal Haji atau dihajikan,” dia menjelaskan.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Predikat Hajjah

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil sempat pula memotivasi Winingsih sekalipun tidak mampu melaksanakan ibadah haji secara sempurna. Karena adanya halangan, maka yang bersangkutan tetap memperoleh predikat hajjah.

“Insya Allah, pulang ke Tanah Air tetap dengan predikat Hajjah yang menyempurnakan rukun Islam ke-5 nya,” imbuhnya

Kemudian ia juga menekankan pentingnya bersabar dalam menghadapi ujian serta berdoa untuk mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

“Bersyukurlah saat mendapat keberkahan. Bersabarlah saat mendapat kemusibahan. Berikhtiarlah saat kita mengejar tujuan. Berdoalah saat kita meminta perlindungan,” pungkasnya.

Penulis: Khazim Mahrur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.