Rekam Jejak Penyanyi Legendaris Bob Tutupoly Meninggal dalam Usia 82 Tahun

Oleh Tifani pada 06 Jul 2022, 00:00 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 00:00 WIB
[Bintang] Bob Tutupoly
Perbesar
Foto profil Bob Tutupoly (Galih W. Satria/bintang.com)

Liputan6.com, Semarang - Penyanyi legendaris Bob Tutupoly meninggal dunia pada Selasa (5/07/22) dini hari. Penyanyi legendaris tanah air tersebut meninggal pada usia 82 tahun.

Kabar duka ini disampaikan oleh pengamat musik, Stanley Tulung melalui laman akun Instagram pribadinya.

"Selamat jalan Oom Bob Tutupoly," tulis Stanley

Sampai saat ini, masih belum ada keterangan lebih lanjut mengenai penyebab meninggalnya Bob Tutupoly. Namun, Bob Tutuploy  memang mengalami masalah kesehatan yang berat.

Meski sosok Bob Tutupoly telah tiada, karya-karyanya akan selalu dikenang. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet rekam jejak perjalanan karir Bob Tutupoly di kancah hiburan Indonesia.

Pemilik nama lengkap Bobby Willem Tutupoly ini mengawali perjalanan menyanyinya sejak di bangku SMA. Seusai masa sekolahnya, ia kemudian mengarungi musik-musik jazz bersama musisi legendaris, Bubi Chen.

Pada awal 1960-an, karier Bob pun mulai menanjak. Bob pun merekam lagu-lagunya seperti Gunung Seribu Janji, Tak Mungkin Kulupa, Tiada Maaf Bagimu, dan masih banyak lagi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Berkarier di LA

Lalu pada akhir 1960-an hingga pertengahan 1970-an, ia sibuk berkarier di Los Angeles, Amerika Serikat. Tak lama setelah pulang ke Indonesia, Bob langsung merekam karya yang sampai saat ini masih dikenal banyak orang, yaitu Widuri.

Selama ia menjadi seorang penyanyi, dirinya sudah mencetak banyak album, beberapa di antaranya The Best Song Of Bob Tutupoly Widuri, Album Nostalgia 2, Album Cinta Nostalgia 2, dan Tembang Kenangan Pop Indonesia Vol 6 "Kerinduan".

Ketika Bob mengawali kariernya di dunia hiburan, ia juga mencoba melebarkan sayap menjadi pembawa acara. Tak tanggung-tanggung, ia sudah membawakan tiga acara televisi.

Bob Tutupoly juga mencoba bermain peran di berbagai film tanah air, seperti film Penasaran (1977) dan Sebelah Mata (2008). Namun, Bob pertama bermain di film yang berjudul Gli Innamorati Della Becak (Kisah Cinta si Tukang Becak) (1958) yang dikerjakan oleh orang Italia.

Pada 2015 menjadi momen yang cukup bersejarah bagi kariernya bermusik. Bob mendapatkan penghargaan Legenda dari ajang Anugerah Musik Indonesia.

Bob merayakan 80 tahun perjalanan kariernya di konser yang bertajuk 80th Celebration of Bob Tutupoly, pada tahun 2019 lalu.  Tidak sendirian, konser itu juga turut dimeriahkan oleh banyak penyanyi solo Tanah Air seperti Tompi, mendiang Glenn Fredly, hingga Vina Panduwinata.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya