Sukses

Mengenal Kambing Etawa Ras Kaligesing, PE Jawara Seharga Mobil Keluaran Terbaru

Kambing etawa ras Kaligesing kerap menjuarai kontes regional maupun nasional kambing PE. Saking berkualitasnya, harga seekor Kambing PE bahkan bisa untuk membeli sebuah mobil keluaran terbaru

Liputan6.com, Jakarta Kaligesing telah dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kambing peranakan etawa (PE) terbaik. Kaligesing berada di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Kambing etawa ras Kaligesing kerap menjuarai kontes regional maupun nasional kambing PE. Saking berkualitasnya, harga seekor Kambing PE bahkan bisa untuk membeli sebuah mobil keluaran terbaru.

Bagaimana tidak, harga kambing-kambing yang diternak oleh warga Kaligesing ada dikisaran puluhan hingga ratusan juta rupiah per ekornya.

Apalagi kalau kambing tersebut sudah pernah menjuarai kontes, baik tingkat regional maupun nasional, maka harga berapapun yang disebutkan oleh peternak akan dibayar oleh pembelinya.

Adalah kambing etawa ras Kaligesing. Kambing yang identik dengan badan tinggi besar, bertelinga panjang, kepala nonong dan warna identik hitam putih.

Kambing jenis ini memang menjadi idola para peternak kambing tanah air. Tak jarang, warga dari berbagai daerah rela datang ke Kaligesing, Purworejo untuk mendapatkan kambing etawa yang diidamkan.

Selain bertani, mayoritas warga di kecamatan ini beternak kambing. Di depan, samping dan belakang rumah-rumah warga, berjejer kandang-kandang kambing dengan model panggung dan bersekat.

"Mayoritas warga kami ternak kambing etawa ini, ada yang memiliki beberapa ekor saja, ada pula yang ternak hingga ratusan ekor. Memang di Jawa Tengah bahkan di Indonesia, sentra kambing etawa yang super-super berasal dari Kaligesing," kata Mujoko, dikutip dari laman resmi pemerintah Provinsi Jateng, Selasa (5/7/2022).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kambing Etawa Ras Kaligesing

Kambing etawa ras Kaligesing, lanjut dia, memang sudah terkenal di seluruh pelosok negeri. Banyak pembeli dari luar daerah bahkan luar pulau datang ke Kaligesing hanya untuk mendapat kambing jenis unggul.

"Kambing etawa ras Kaligesing ini seringnya untuk ajang kontes, karena memang badannya yang tinggi tegap, telinganya panjang dan ekornya bagus. Selain itu, kambing ini juga bisa menghasilkan susu yang bermanfaat bagi kesehatan," ucap dia.

Untuk kelas kontes, mayoritas para peserta dari berbagai daerah mencari kambing andalan dari Kaligesing. Sebab menurut cerita, dahulu pernah ada kambing juara nasional berkali-kali dari Kaligesing tersebut.

"Jadi keturunannya masih terjaga sampai sekarang. Kalau dibilang, Kaligesing ini kiblatnya kambing etawa di Indonesia," katanya.

Disinggung soal harga, Mujoko mengatakan hampir semua kambing etawa Kaligesing dibanderol dengan harga cukup mahal. Untuk anakan kambing atau cempe saja, harganya bisa mencapai puluhan juta.

"Saya pernah dengar belum lama ini, ada yang jual kambing satu ekor Rp100 juta. Jadi memang di sini sudah biasa orang jual kambing seharga segitu," tuturnya tersenyum.

 

3 dari 3 halaman

Kambing Harga Rp250 Juta

Di lokasi lain, banyak pula kambing ras kaligesing berkualitas. Berjejer kambing etawa yang memiliki bentuk badan besar-besar.

"Sejak kecil sudah ternak kambing etawa ini, sampai sekarang diteruskan anak saya. Harganya bagus, selalu tinggi," kata Sarman, 60, salah seorang peternak.

Sarman mengatakan, hasil ternakannya selalu diincar para penghobi kambing kontes asal Bandung, Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi, Jambi, Lombok dan banyak daerah lain. Sejak kambing baru lahir, biasanya pembeli sudah berdatangan. Apalagi jika kambing sudah pernah ikut kontes, maka harganya semakin melambung.

"Kalau kualitasnya bagus, harganya bisa puluhan hingga ratusan juta," ucapnya.

Hal senada disampaikan Sukiswanto, peternak kambing etawa Kaligesing lainnya. Sukiswanto yang memiliki ratusan ekor kambing etawa mengatakan selalu untung besar dari bisnis jualan kambingnya itu.

"Harganya tinggi, tidak ada patokannya. Kalau bagus dan orang suka, mau harga berapa saja pasti dibayar," ucap Sukiswanto.

Sukiswanto mengaku pernah menjual kambing peliharaannya seharga Rp150 juta. Bahkan, ada satu ekor kambing miliknya yang ditawar Rp250 juta.

"Namun tidak saya kasih, karena saya minta kambing saya diganti truk saja. Kambing saya yang ditawar Rp250 juta itu sudah pernah juara nasional," dia menuturkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.