Bakal Konser di Solo, Ini Perjalanan Panjang Bongkar Pasang Personel Dream Theater

Oleh Tifani pada 01 Jul 2022, 04:00 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 04:00 WIB
Gibran Umumkan Konser Dream Theater di Solo
Perbesar
Founder Rajawali Indonesia Anas Syahirul Alimi, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan CEO Rajawali Indonesia Tovan Raharjo saat menggelar jumoa pers konser Dream Theater di Hotel Alila Solo, Rabu (29/6). Lipuan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - Dream Theater dikabarkan akan menggelar konser di Kota Solo, Jawa Tengah pada 10 Agustus 2022 mendatang. Kabar ini juga disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, melalui akun Twitter pribadinya.

Sebanyak 7.000 tiket konser Dream Theater akan diperjualbelikan oleh pihak penyelenggara. Konser grup progresive metal ini juga disambut antusias oleh warganet.

Lalu siapa sebenarnya Dream Theater ini? Dikutip dari berbagai sumber, berikut profil lengkap Dream Theater.

Dream Theater pertama kali dibentuk pada tahun 1985 oleh tiga mahasiswa Berklee College of Music, yakni John Petrucci (gitaris), John Myung (bassis), dan Mike Portnoy (drummer). Semula grup ini bernama Majesty.

Tak lama kemudian, grup ini dilengkapi oleh Kevin Moore (keyboardis) dan Chris Collins (vokalis). Setelah ditinggalkan Collins sang vokalis pada akhir tahun 1986.

Posisi vokalis kemudian digantikan oleh Charlie Dominici pada November tahun 1987. Anggota Majesty bersepakat mengganti nama bandnya menjadi Dream Theater.

Nama baru ini terinspirasi dari gedung bioskop di California yang sekarang sudah dirobohkan. Selama perjalanan kariernya di dunia musik, Dream Theater telah menelurkan belasan album studio dan sejumlah album live serta video dokumenter musik, mini album, dan album kompilasi.

Tahun ini, Dream Theater dijadwalkan menggelar tur keliling dunia untuk mempromosikan album studio terbarunya yang berjudul "A View From The Top Of The World". Album studio kelima belas yang dirilis pada 22 Oktober 2021 ini berisikan 7 lagu dengan khas durasinya yang panjang yakni lebih dari limat menit.

Bahkan, lagu yang menjadi judul album itu panjangnya sampai 20 menit 23 detik. Sebagai grup band yang telah berumur 37 tahun, Dream Theater terbilang jarang berganti personel.

Saat ini, Dream Theater masih digawangi oleh dua pendirinya, yakni John Petrucci dan John Myung. Sementara posisi Mike Portnoy yang hengkang dari band 12 tahun lalu, digantikan Mike Mangini sejak 2011 sampai sekarang.

Vokalis Dream Theater, James Labrie, bergabung sejak 1991 sampai sekarang (menggantikan Charlie Dominici), dan terakhir, keyboardis Jordsn Rudess (menggantikan Kevin Moore sejak 1994).

Saksikan video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya