5 Rekomendasi Tempat Wisata Semarang yang Cocok untuk Liburan Keluarga

Oleh Tifani pada 29 Jun 2022, 22:00 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 22:00 WIB
Skyview Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Perbesar
Skyview Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Semarang - Tempat wisata di Semarang, Jawa Tengah menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi saat musim liburan seperti saat ini. Tempat wisata alam, religi, sejarah, hingga budaya dapat ditemukan di Semarang.

Terdapat juga tempat wisata yang ramah anak, sehingga cocok untuk berlibur bersama keluarga. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet tempat wisata Semarang yang cocok dipakai untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

1. Kampung Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran merupakan salah satu wisata Semarang yang terletak di Area Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan. Kampoeng Kopi berada Jalan. Raya Semarang – Solo Km. 35.

Kampoeng Kopi Banaran berdiri di ketinggian 480 hingga 600 mdpl, dengan suhu udara yang sejuk antara 23 derajat Celsius hingga 27 derajat Celsius. Kampoeng Kopi Banaran memiliki beberapa fasilitas seperti arena bermain anak (Play Ground), Corporate Gathering, Jogging Track, Outbound Team Building, Kolam Renang, Gazebo, Resort & Hotel, Musholla, Meeting Room, Ballroom, Family Gathering, serta Jelajah Kebun dengan ATV, Off Road & juga Kereta Wisata.

Kampoeng Kopi Banaran dikelilingi panorama tujuh gunung. Ada Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, Andong, Ungaran, Telomoyo, dan Ungaran. Selain itu, wisatawan yang berkunjung bisa menikmati pemandangan langsung ke Rawa Pening.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Taman Bunga Celosia Bandungan

2. Taman Bunga Celosia Bandungan

Salah satu wisata Semarang yang populer adalah Taman Bunga Celosia. Taman Bunga Celosia merupakan destinasi wisata di lereng kaki gunung Ungaran, Bandungan Kabupaten Semarang.

Pemandangan sekitar khas pegunungan, ditambah dengan iklim yang sejuk membuat wisatawan berkunjung ke Taman Bunga Celosia. Taman Bunga Celosia dibangun dengan konsep kekinian taman bunga, spot foto, wahana permainan dan cafe garden (kuliner).

Tempat wisata ini cocok untuk semua usia mulai dari anak, remaja, dewasa, maupun lansia. Wisata dengan luas 8,6 hektar ini terdapat spot foto seperti Little Italia, Little Korea, Dermaga Putih, Taman Bunga, White Marine Park, dan masih banyak spot foto lainnya.

Di dalam Taman Bunga Celosia juga terdapat Cafe Garden Celosia dengan nuansa yang rilex menikmati menu Cafe Garden Celosia dan pemandangan berbagai gunung. Serta di Taman Bunga Celosia juga melayani penjualan bunga hias dalam bentuk pot yang terletak berdampingan wisata Taman Bunga Celosia.

Taman Bunga Celosia mulai dibuka pada pukul 08.00 sampai 17.00. Sementara, harga tiket Taman Bunga Celosia dibanderol Rp 20.000 saat weekday, dan Rp 25.000 saat akhir pekan per orang.

 


Cimory On The Valley

3. Cimory On The Valley

Cimory On The Valley berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No KM 30, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Semarang, Jawa Tengah. Wisatawan bisa mengunjungi wisata edukasi seperti melihat area pabrik susu dan melihat peternakan sapi atau berkeliling bersama Cimory Dairy Tour.

Wisatawan juga bisa berfoto bersama dengan hewan-hewan jinak di Dairyland Mini Zoo, atau berfoto di Taman Miniatur Dunia Minimania. Setelah lelah berkeliling, wisatawan bisa menikmati makanan di restoran atau berbelanja produk susu sebagai oleh-oleh.

Ada juga produk olahan coklat yang bisa didapatkan di outlet Chocomory yang tersedia di dalam area Cimory On The Valley. Tempat wisata di Semarang ini memiliki harga tiket masuk berbeda untuk tiap wahana wisata di dalamnya.

Pada hari biasa atau weekdays, Cimory On The Valley buka dari jam 09.00 hingga 18.00. Sementara pada akhir pekan atau weekend, Cimory On The Valley buka dari jam 08.00 hingga 20.00.

 


Saloka Theme Park

4. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park merupakan taman rekreasi yang terletak di Jalan Fatmawati No 154, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah. Saloka Theme Park berdiri di atas lahan seluas 12 Hektare, memiliki 25 wahana yang terbagi dalam 5 zona permainan, yaitu zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada.

Selain itu, ada pilihan restoran, café, dan foodtruck yang menawarkan berbagai makanan-minuman yang memanjakan lidah untuk bersantai. Saloka Theme Park juga memiliki pertunjukan Baru Klintihing.

Harga tiket Saloka Theme Park pada weekdays dijual Rp 120.000 per orang, sementara pada weekend dijual Rp 150.000 per orang. Tiket dapat dipesan melalui laman salokapark.com, pembayaran tiket dapat dilakukan di minimarket, bank, maupun layanan pembayaran secara online.

Jam buka Saloka Theme Park pada weekdays mulai pukul 10.00 hingga 18.00. Sedangkan pada weekend, wisatawan dapat menikmati permainan di Saloka Theme Park mulai pukul 10.00 hingga 19.00.

 


Agrowisata Kopeng Gunungsari

5. Agrowisata Kopeng Gunungsari

Agrowisata Kopeng Gunungsari juga menjadi salah satu tempat wisata di Semarang. Objek wisata ini terletak di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Agrowisata Kopeng Gunungsari menyajikan perpaduan keindahan taman bunga yang berpadu dengan kebun buah jambu. Tiket masuk tempat wisata ini dibanderol Rp 20.000 dengan bonus makan jambu gratis.

Sedangkan untuk pelajar dan anak-anak, harga tiket dibanderol Rp 10.000. Spot Instagramable langsung menyambut wisatawan usai membeli tiket masuk di loket.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya