Sukses

3 Jemaah Haji Asal Jateng Meninggal di Tanah Suci, Salah Satunya dari Kebumen

Tambahan satu orang yang meninggal atas nama Yuli Nurani Hidayah (56), warga Plarangan Kabupaten Kebumen, Jateng, tergabung kloter 27

Liputan6.com, Semarang - Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyebutkan jumlah calon haji asal Jawa Tengah yang meninggal dunia di Arab Saudi bertambah satu, sehingga menjadi tiga orang.

Tambahan satu orang yang meninggal atas nama Yuli Nurani Hidayah (56), warga Plarangan Kabupaten Kebumen, Jateng, tergabung kloter 27, kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jateng, Minggu.

Jamaah asal Kebumen tersebut meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi, pada Sabtu (25/6), pukul 12.30 Waktu Arab Saudi (WAS), karena sakit "Cardiovascular Disease". Jenazah kemudian dimakamkan di tempat pemakaman umum Sharae Mekkah.

"Dengan bertambahnya satu orang meninggal asal Jateng ini, sehingga totalnya Embarkasi Solo menjadi tiga orang," kata Sarip.

Sarip mengatakan jumlah jemaah haji Embarkasi Solo yang menjalani perawatan karena sakit di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Mekah Arab Saudi, hingga Minggu, ada sembilan orang. Sembilan jamaah sakit itu, terdiri dari kloter 3 ada dua orang, kloter 7, kloter 8, kloter 9, kloter 10, kloter 29 satu orang dan kloter 11 dua orang.

Sedangkan, jamaah calon haji yang masih sakit dan dirujuk di rumah sakit di Tanah Air, ada tujuh orang yakni lima orang dirawat di RS TNI AU Karanganyar dan dua lainnya di RSUD Dr. Moewardi Solo.

"PPIH Embarkasi Solo turut berduka cita atas wafatnya jamaah asal Plarangan Kabupaten Kebumen yang diberangkatkan melalui Embarkasi Solo itu, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan amin," kata Sarip.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

11 Ribu Jemaah Haji Jateng Sudah Tiba di Arab Saudi

PPIH mengimbau kepada jamaah haji Embarkasi Solo, untuk selalu memakai alas kaki, jangan menunggu haus untuk minum, perhatikan kesehatan diri sendiri, makan tepat waktu, istirahat yang cukup, dan tetap memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.

"Kami imbau calon haji yang masih di rumah yang akan berangkat ke Embarkasi Solo agar banyak istirahat dan jaga kesehatan semaksimal mungkin dan lakukan konsultasi kesehatan sebagai tindakan antisipasi," katanya.

PPIH Embarkasi Solo hingga pemberangkatan calon haji kloter 33 sebanyak 360 orang, sehingga total yang sudah diterbangkan ke Tanah Suci, sebanyak 11.835 orang dari total kuota penyelenggaraan tahun ini 15.477 orang terbagi 43 kloter.

"Kami baru saja melepas calon haji asal Pekalongan dan Batang tergabung kloter 33 sebanyak 360 orang. Calon haji kloter 33 ini, diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Minggu, pukul 11.55 WIB," katanya.

Jamaah Embarkasi Solo yang sudah tiba di Tanah Suci, hingga kloter 32 sebanyak 11.475 orang dan yang baru masuk Asrama Haji Donohudan Boyolali, kloter 34 asal Batang dan Boyolali sebanyak 360 orang. Kloter 34 ini, rencana diterbangkan ke Tanah Suci, pada Senin (27/6), pukul 04.40 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.