Sukses

Cerita Kucing Kesayangan Eril dan Sahabat Rasulullah yang Dijuluki 'Bapaknya Kucing'

Sebagaimana Eril yang sangat menyayangi kucing, dahulu ada seorang sahabat Rasulullah SAW yang sangat menyayangi kucing

Liputan6.com, Cilacap - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bercerita perihal anaknya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang memiliki kegemaran memelihara kucing.

Melalui akun instagram yang terverifikasi miliknya itu, Ridwan Kamil menulis bahwa Eril mempunyai kucing kesayangan yang diberi nama British.

British adalah kucing persia kesayangan Alm Eril,” tulis Ridwan Kamil dikutip Kamis (23/6/2022).

Menurut Ridwan Kamil, Eril sangat sayang dengan kucing. Bahkan, British menemani Eril saat pindah dari Gedung Pakuan ke rumah botol di Cigadung, Bandung.

Setelah berpisah dengan majikannya, kini British juga harus berpisah dengan keluarga Ridwan Kamil. Kucing kesayangan Eril itu dikirim ke rumah penitipan kucing untuk dikawinkan dengan ras sejenisnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Abdurrahman bin Shakhr dan Kucing Kesayangannya

Sebagaimana Eril yang sangat menyayangi kucing, dahulu ada seorang sahabat Rasulullah SAW yang sangat menyayangi kucing.

Nama sahabat tersebut ialah Abu Hurairah. Abu Hurairah sendiri Bernama asli Abdurrahman bin Shakhr. Ada pula yang mengatakan nama asli beliau adalah Abdullah bin Amin.

Ada juga yang mengatakan bahwa Abu Hurairah saat lahir bernama Abdul Syam, berasal dari qabilah Ad-Daud di Yaman.

Setelah masuk Islam, Abdul Syam berganti nama menjadi Abdul Rahman. Lalu apa yang menyebabkan ia dijuluki Abu Hurairah atau bapaknya kucing.

Abu Hurairah sendiri secara bahasa bermakna ‘bapaknya kucing kecil’. Hurairah terambil dari kata ‘hirrun’ yang artinya kucing. Kata tersebut menganut wazan ‘fuailun’ yang artinya tashghir (kecil). Jadi ‘Hurairah’ artinya kucing kecil.

 

3 dari 3 halaman

Dijuluki Bapak Kucing

Lalu mengapa dia mendapat julukan bapaknya kucing kecil? Sejarah mencatat bahwa, Abu Hurairah ini benar-benar penyuka kucing. Dia kerap bermain-main dengan anak-anak kucing. Bahkan, suatu ketika bertemu Rasulullah SAW, ia juga membawa kucing.

Dikisahkan bahwa saat Abu Hurairah bertemu Rasulullah SAW, Rasulullah SAW menanyakan sesuatu yang ada di dalam lengan bajunya. Apabila dia menunjukkan anak kucing yang ada dalam lengan bajunya, maka dia akan dijuluki Abu Hurairah oleh Nabi SAW.

Ketika ia menunjukkan sesuatu yang ada di dalam lengan bajunya ternyata benar, terdapat seekor kucing. Sejak saat itu dia diberi nama julukan Abu Hurairah atau bapaknya kucing.

Abu Hurairah merupakan salah seorang sahabat Nabi SAW yang banyak meriwayatkan hadits. Bahkan disebutkankan bahwa ia merupakan sahabat Nabi SAW yang paling banyak meriwayatkan hadits yakni lebih dari 5.000 hadits.

Penulis: Khazim Mahrur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.