Sukses

4 Bangunan Tua di Kabupaten Semarang yang Jadi Tempat Wisata Sejarah

Mengunjungi tempat-tempat sejarah di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah bisa menjadi alternatif liburan kamu dalam waktu dekat ini. Di Semarang ada banyak rekam jejak yang diabadikan dalam sebuah candi atau museum.

Liputan6.com, Semarang - Mengunjungi tempat-tempat sejarah di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah bisa menjadi alternatif liburan kamu dalam waktu dekat ini. Di Semarang ada banyak rekam jejak yang diabadikan dalam sebuah candi atau museum.

Bangunan-bangunan tua bersejarah itu akan memberikan pembelajaran kepada setiap pengunjungnya. Kamu dapat melihat bagaimana kehidupan Semarang zaman dahulu sekaligus mengambil hikmahnya.

Tak harus saat program sekolah, liburan ke tempat bersejarah di Semarang dapat kamu lakukan dalam waktu dekat ini. Kamu bisa mengajak sahabat, kekasih, atau bahkan keluarga.

Ada banyak tempat bersejarah di Semarang yang dapat kamu kunjungi. Misalnya, Candi Gedong Songo, Candi Ngempon, Museum Palagan Ambarawa, hingga Museum Kereta Api Ambarawa.

Mengutip laman resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, inilah deretan tempat wisata sejarah yang dapat dikunjungi untuk liburan sambil belajar.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan candi peninggalan budaya Hindu zaman Sanjaya abad ke-8 masehi. Konon candi ini ditemukan oleh Raffles pada 1804.

Lokasi Candi Gedong Songo berada di kaki gunung Ungaran, Desa Candi, Kecamatan Bandungan. Buat kamu yang berkunjung ke candi ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah menakjubkan.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati fasilitas yang terdapat di Candi Gedong Songo seperti pemandian air panas, area perkemahan, hingga wisata berkuda. Kamu juga bisa menginap di sekitar candi ini.

Candi Gedong Songo beroperasi mulai pukul 06.30 hingga 18.00 WIB. Kalau hari biasa, harga tiket masuk candi ini untuk wisatawan lokal Rp10.000, sedangkan akhir pekan Rp15.000. Wisatawan asing dikenakan tiket masuk lebih mahal, yakni Rp75.000.

3 dari 5 halaman

2. Candi Ngempon

Selain Candi Gedong Songo, tempat bersejarah lain yang dapat dikunjungi di Kabupaten Semarang adalah Candi Ngempon. Candi Ngempon merupakan lokasi wisata sejarah peninggalan Hindu yang berada di di Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Nama Candi Ngempon berasal dari kata empu atau ngempu. Konon, di sekitar Candi Ngempon diyakini sebagai tempat penggemblengan  para kasta brahmana untuk dididik menjadi empu.

Sejatinya ada sembilan candi di Candi Ngempon. Namun, yang baru direkonstruksi baru empat. Sekilas ukuran candi hampir sama, namun jika dilihat dari atas ada satu candi yang ukurannya lebih besar.

4 dari 5 halaman

3. Museum Palagan Ambarawa

Tempat bersejarah di Kabupaten Semarang tidak hanya candi, kamu juga bisa mengunjungi museum seperti Museum Palagan Ambarawa. Jika di candi mengenal sejarah peninggalan Hindu, di Museum Palagan Ambarawa kamu akan mengenal lebih jauh tentang pahlawan bangsa.

Monumen sejarah bangsa ini berada di tengah kota Ambarawa. Jaraknya sekitar 30 km dari Kota Semarang.

Tempat bersejarah ini dilengkapi dengan Museum Isdiman. Koleksi senjata, kendaraan tempur, hingga pakaian yang digunakan saat Pertempuran Ambarawa ada di museum ini.

5 dari 5 halaman

4. Museum Kereta Api Ambarawa

Di Kabupaten Semarang juga ada museum bersejarah lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Museum ini bernama Museum Kereta Api Ambarawa yang merupakan satu-satunya museum berteknologi kuno peninggalan penjajah.

Berdasarkan sejarahnya, museum ini awalnya adalah Stasiun Ambarawa yang dibangun atas keinginan Raja Willem I untuk memudahkan pengangkutan pasukan militer. Pada 1976 Stasiun Ambarawa dijadikan museum kereta api oleh Gubernur Jawa Tengah Soepardjo Rustam yang menjabat saat itu. 

Museum Kereta Api Ambarawa berada di Jalan Stasiun No. 1 Ambarawa. Lokasinya dekat jalan utama Semarang – Jogja. Dari Kota Ungaran jaraknya sekitar 20 km.

Itulah deretan tempat wisata sejarah yang dapat kamu kunjungi saat bertandang ke Kabupaten Semarang. Kamu akan mendapatkan wawasan tentang peninggalan-peninggalan zaman dahulu di Kabupaten Semarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.