Sukses

Tembok Laut Perusahaan-Perusahaan di Semarang Harus Diperkuat, Ini Alasannya

Sosialisasi penggunaan air tanah untuk mencegah penurunan tanah juga sidah disiapkan sebagai langkah jangka panjang.

Liputan6.com, Semarang - Perusahaan-perusahaan di Semarang yang lokasinya berbatasan dengan laut diminta memperkuat tembok pembatas. Permintaan Wali Kota Semarang Jawa Tengah (Jateng) Hendrar Prihadi ini untuk mengantisipasi banjir rob.

“Saatnya sekarang mengecek, mumpung rob tidak tinggi,” ujar wali kota Semarang, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (30/5/2022).

Ia berharap banjir rob seperti yang terjadi pada 23 Mei 2022 lalu tidak terulang. Selain itu, sosialisasi penggunaan air tanah untuk mencegah penurunan tanah juga sidah disiapkan sebagai langkah jangka panjang.

Sosialisasi akan melibatkan berbagai unsur, seperti Pemerintah Kota Semarang, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, termasuk PDAM sebagai penyedia air bersih.

Sementara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan banjir rob masih akan melanda pesisir utara Jawa Tengah pada 30 Mei hingga 7 Juni mendatang.

Menurut Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Ganis Erutjahjo, sekalipun diprediksi tidak separah pekan sebelumnya, potensi banjir rob tetap harus diwaspadai.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.