Sukses

Kisah Perjuangan Gadis Cantik Peraih Medali Taekwondo SEA Games Asal Temanggung

Dinda menjadi satu-satunya atlet asal Kabupaten Temanggung yang terjun pada SEA Games 2022 dan langsung membawa pulang medali

Liputan6.com, Temanggung - Atlet taekwondo asal Desa Krajan, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Jawa Tengah, Dinda Puteri Lestari (21) harus berjuang menurunkan berat badannya 11 kilogram sebelum maju ke ajang SEA Games 2022 di Vietnam.

"Saya turun di kelas 62 kilogram pada SEA Games 2022 di Vietnam," kata Dinda saat bersilaturahmi dengan Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo di Temanggung, Jumat.

Ia menuturkan selama satu tahun berada di Pelatnas, dirinya semula akan diturunkan di kelas 73 kilogram, namun menjelang pelaksanaan SEA Games ia diminta untuk bertarung di kelas 62 kilogram.

"Saya harus menurunkan berat badan hingga 11 kilogram selama satu bulan sebelum dikirim ke SEA Games. Jadi saat Pelatnas dan pertandingan sebenarnya beda. Tapi saya bersyukur masih dapat medali," katanya.

Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ini terpaksa harus puas membawa pulang medali perunggu SEA Games 2022 setelah dikalahkan atlet dari Thailand.

"Saya kebetulan di babak awal dapat bye, kemudian di babak selanjutnya harus kalah saat bertanding melawan Thailand," kata atlet taekwondo ini.

Menurut dia faktor utama dari kegagalan meraih medali emas, adalah masalah mental dan beban pribadi. Apalagi, ajang ini menjadi kesempatan pertamanya turun di ajang SEA Games.

Namun, ia berjanji ke depan akan lebih maksimal lagi di ajang-ajang internasional lain.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Wabup Temanggung

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengaku sangat bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap Dinda, karena tidak semua generasi muda memperoleh kesempatan emas mewakili Indonesia.

"Luar biasa, kami atas nama Pemkab Temanggung memberikan apresiasi tinggi. Terima kasih pula terhadap seluruh jajaran terkait sehingga bisa mengharumkan nama daerah bahkan bangsa Indonesia di ajang internasional," katanya.

Ia berharap agar ke depan muncul atlet-atlet lain dari berbagai cabang olahraga yang dapat meneruskan jejak membawa nama harum bangsa di tingkat internasional.

"Ke depan semoga semakin giat berlatih agar dari segi fisik, mental, dan jam terbang mendukungnya untuk meraih prestasi lebih tinggi," katanya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Temanggung Tomy Eko Kartiko mengaku cukup terharu dengan capaian tersebut mengingat Dinda menjadi satu-satunya atlet asal Kabupaten Temanggung yang terjun pada SEA Games 2022 dan langsung membawa pulang medali.

"Tidak apa-apa medali perunggu, ke depan apabila terpilih lagi menjadi kontingen Indonesia di ajang-ajang internasional lain bisa meraih emas. Tentu butuh kerja keras dan ritme latihan yang lebih keras," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.