Kisah Cinta Ketua MK Anwar Usman dan Idayati Adik Jokowi

Oleh Muhamad Husni Tamami pada 27 Mei 2022, 00:00 WIB
Diperbarui 27 Mei 2022, 00:00 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin menghadiri pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan Adik Presiden Joko Widodo, Idayati, di Solo
Perbesar
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin menghadiri pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan Adik Presiden Joko Widodo, Idayati, di Solo, Kamis (26/5/2022). (Delvira/Liputan6)

Liputan6.com, Semarang - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman menikahi Idayati pada Kamis (26/5/2022). Kini Anwar Usman resmi menjadi adik ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Saat prosesi pernikahan, Anwar Usman sangat lancar mengucapkan ijab kabul. Ia memberikan seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan sebagai mahar pernikahannya.

Pernikahan Anwar Usman dengan Idayati digelar di Gedung Graha Saba Buana Solo. Turut hadir presiden, wakil presiden, sejumlah menteri, dan pejabat negara lainnya dalam pernikahan ini.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertindak sebagai saksi mempelai wanita. Sedangkan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai saksi mempelai pria. Adapun penghulunya adalah Kepala KUA Banjarsari Surakarta Arba’in Basyar.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Sempat Tuai Pro Kontra

Makna Kain Batik Sidomukti yang Jadi Busana Pengantin Adik Jokowi dan Ketua MK
Perbesar
Ketua MK Anwar Usman resmi menikahi Idayati, adik Presiden Joko Widodo, di Graha Saba Buana, Solo, Kamis, 26 Mei 2022. (dok. Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sebelum mengikat cinta yang sah dengan ijab kabul, Anwar Usman lebih dahulu melamar Idayati pada 12 Maret 2022. Kabar lamaran Ketua MK dengan adik kandung Presiden Jokowi ini didengar oleh publik.

Sejak saat itu, banyak spekulasi terkait pernikahan Anwar Usman dan Idayati. Bahkan ada yang mengaitkan pernikahan ini dengan politik. Namun, Anwar Usman membantahnya.

“Ada yang mengaitkan saya, rencana pernikahan (saya) dikaitkan dengan politik. Naudzubillah, tidak," katanya dalam acara yang diselenggarakan IAIN Pekalongan beberapa waktu lalu.

Anwar Usman menganalogikan pernikahan dirinya dengan adik kandung Jokowi bak memutuskan vonis pada seseorang. Ketika memvonis, ada saja pihak yang menerima dan menolak.

“Siapa pun hakim dan siapa pun yang diadili, yang disidangkan. Pasti pro dan kontra itu ada. Sama seperti yang saya sampaikan. Saya baru berencana untuk melanjutkan sisa-sisa kehidupan setelah ditinggal oleh almarhumah istri saya. Begitu juga calon yang akan saya nikahi ditinggal oleh suami tercintanya. Kok, heboh di mana-mana,” tutur dia.


Duda dan Janda

Pernikahan Adik Jokowi dan ketua Mk
Perbesar
Prosesi ijab qabul per ikahan adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua MK, Anwar Usman.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Anwar Usman maupun Idayati keduanya sama-sama duda dan janda. Anwar Usman ditinggal oleh sang istri, Suhada Anwar Usman pada Jumat (26/2/2021). 

Istri Anwar Usman meninggal dunia di RS Bethasaida, Serpong, Tangerang Selatan. Sebelum tutup usia, istri ketua MK ini sempat sakit.

Sedangkan Idayati ditinggal oleh sang suami, Hari Mulyono pada Senin (24/9/2018) karena meninggal dunia. Hari Mulyono meninggal karena penyakit stroke dan darah tinggi.

Sebelumnya, suami adik kandung Jokowi ini mendapat perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya