Owalah...Ternyata Ini Lokasi Syuting Film KKN di Desa Penari : Bakal Heboh dan Jadi Tempat Wisata Baru Nih

Oleh Inung Budiarto pada 09 Mei 2022, 15:12 WIB
Diperbarui 09 Mei 2022, 15:13 WIB
KKN Di Desa Penari
Perbesar
Achmad Megantara sebagai Bima dalam KKN Di Desa Penari. (Foto: Dok. MD Pictures)

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang sedang bikin heboh masyarakat Jawa Tengah (Jateng) khususnya, dan seluruh Indonesia pada umumnya?. Satu di antara yang nge-hits pekan ini adalah film.

Setidaknya ada dua film yang sedang mendapat atensi publik, yakni 'Doctor Strange in the Multiverse of Madness' dan 'KKN di Desa Penari'. Nah, karena ada film lokal yang membahana, tak syak membuat publik penasaran ingin melihat karya sineas anak bangsa ini.

Gara-gara 'KKN di Desa Penari', kehebohan terjadi di dua tempat, yakni virtual dan nyata. Di area tak kasat mata, banyak diskusi terkait apa, bagaimana dan keriuhan perihal tiket menonton 'KKN di Desa Penari'.

Pada dunia nyata, seluruh theatre yang memutar 'KKN di Desa Penari', baik di mal ataupun kompleks sendiri, tergolong penuh. Bahkan, hanya untuk mendapatkan satu lembar tiket, tak akan mudah. Maklum, beberapa bioskop sudah melakukan pre-sale.

Efek lain, semakin banyak orang yang penasaran dengan visualisasi film dan tentu saja, lokasi syuting. Seperti dikutip dari Showbiz Liputan6.com, ternyata lokasi syuting bukan di Jawa Timur, melainkan sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta.

 


Asal Cerita

Sekadar informasi, film 'KKN di Desa Penari' tergolong fenomenal. Hanya dalam periode kurang dari sepekan, jumlah penonton sudah menembus angka 2 juta. Wow banget kan?

Sang Produser, Manoj Punjabi optimistis hasil kerja keras timnya bisa meraih 3 juta penonton. Hal itu berlatar animo masyarakat sangat tinggi tentang kisah yang pernah viral di Twitter.

Sekadar pengingat, kisah ini kali pertama mencuat pada 2019. Ketika itu, akun bernama @SimpleM81378523 membeberkan jalannya kisah sampai detil. Dalam ceritanya, sang pemilik akun tak menuliskan nama maupun lokasi dalam kisah 'KKN di Desa Penari'.

Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang penasaran dan ingin mengetahui lokasi sebenarnya dari peristiwa tersebut. Namun, film 'KKN di Desa Penari' ternyata tidak melakukan pengambilan gambar di lokasi dimana peristiwa itu terjadi.

 


Keliling Yogyakarta

KKN Di Desa Penari.
Perbesar
Cuplikan adegan di film KKN Di Desa Penari.

Manoj Punjabi, seperti dikutip dari kanal YouTube ESGE Entertainment, mereka melakukan syuting di Yogyakarta. "Kami syutingnya di kota Yogyakarta dan sekitarnya, Gunung Kidul dan lain-lainnya. Kami syuting di sana di sekeliling kota Yogyakarta yang diambil lokasinya,"ungkapnya.

Padahal, seperti diketahui dalam cerita, kisah 'KKN di Desa Penari' berlokasi di wilayah Jawa Timur. Meski bukan di lokasi KKN di Desa Penari sebenarnya, Manoj meyakinkan lokasi syuting film ini dibuat semirip mungkin dengan kisah aslinya.

"Kami enggak ke lokasi yang asli memang enggak bisa ke sana, survei ke lokasi asli. Tapi di bukunya kami ambil sedekat mungkin apa persamaannya," sebut Manoj. Ia meyakinkan, dalam pembuatan film seluruh latar belakangnya dibuat seperti asli dan sedetil mungkin, termasuk gapura dan hal lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya