Sukses

3 Tips Mengendarai SUV untuk Mudik Lebaran 2022 : Jangan Grusa-grusu, Bro

Berikut ini 3 rangkaian tips ketika mengendarai SUV untuk mudik Lebaran 2022.

Liputan6.com, Semarang - Aneka jenis mobil akan berseliweran sepanjang masa mudik Lebaran 2022. Nah, bagi kalian warga Jateng yang ingin ke kampung halaman, harus memerhatikan berbagai hal agar perjalanan nyaman dan aman.

Khusus bagi para pengguna mobil SUV, ada beberapa hal teknis yang harus diperhatikan, terutama demi keselamatan. Seperti dikutip dari Ramadan Liputan6.com, ada tiga kategori besar yang harus diperhatikan jika menggunakan mobil jenis SUV.

Instruktur Offroad, Julian Johan menegaskan, SUV memiliki karakteristik memiliki dimensi lebih tinggi. Tiga poin yang wajib berada di kepala, yakni manajemen membawa barang, manajemen driving behaviour, serta manajemen braking point selama mudik.

Julian mengungkapkan, langkah awal ketika mudik dengan SUV adalah manajemen meletakkan barang. Meski terkesan sederhana, namun menata posisi barang sangat penting, terutama bagi kestabilan kendaraan ketika melaju lurus atau bermanuver.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Jarak

"Mobil cenderung tinggi, jadi barang akan berpengaruh terhadap kelimbungan mobil kita. Saya menyarankan, barang yang berat-berat jangan ditaruh di atas atau roofrack, tapi di bagasi bawah saja," kata Julian.

Pria yang akrab disapa Jeje ini menegaskan, sebisa mungkin barang-barang yang ringan ada di tempat bagasi tambahan alias roofrack. "Misalnya pakaian atau makanan ringan," sebutnya.

Pada sisi manajemen driving behaviour alias kebiasaan berkendara, Julian menyarankan harus sangat berhati-hati. "Hal itu terutama ketika bermanuver dengan mobil yang berisi barang, baik di bagasi bawah maupun di atas," jelasnya.

Oleh karena itu, setiap pengemudi SUV yang berstatus 'full load', tak boleh sesuka hati bermanuver atau melibas tikungan. "Artinya harus lebih kalem, termasuk bagaimana menjaga jarak aman pengereman, plus biar tak limbung karena bisa berakibat fatal," sebut Julian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini