Sukses

Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi, Pemprov Jateng Gelar Ramadhan Fest UKM Virtual Expo (UVO) 2022

UKM Virtual Expo 2022 ini dihelat secara hybrid akan berlangsung mulai Senin (18/4) hingga Rabu (20/4) di Halaman Kantor Pemprov Jateng.

Liputan6.com, Semarang - Salah satu upaya memulihkan ekonomi pasca pandemi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) menggelar Ramadhan Fest UKM Virtual Expo (UVO) 2022 dengan tema UKM Wow Anti Selow, di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Senin (18/4). Dalam acara tersebut, dihadiri secara langsung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Jateng Taj Yasin Maimoen, serta Dirut Bank Jateng, Supriyatno.

Ketika memberikan sambutan, Ganjar mengingatkan pelaku UKM untuk tidak diam menjelang libur Lebaran 2022. Momen mudik harus dimanfaatkan sebagai upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Kemarin (dua tahun pandemi) tidak boleh jualan maka kita naikkan ke virtual. UKM mesti menyiapkan diri karena sebentar lagi Lebaran dan orang-orang akan mudik,” ucap Ganjar dalam sambutannya.

Apalagi, lanjut Ganjar, Kementerian Ketenagakerjaan juga telah menegaskan kepada perusahaan agar THR dibayarkan secara penuh dan tidak dicicil. Mantan anggota DPR RI tersebut mengatakan, pembagian THR secara penuh dipastikan akan mengungkit perekonomian.

“Insyaallah itu akan membikin kondisi hari ini di kantong masyarakat ada uang. Maka UKM mesti menyiapkan diri untuk mengambil dan memanfaatkan peluang ini, sehingga tidak tinggal diam,” tegasnya.

UVO 2022 ini dihelat secara hybrid akan berlangsung mulai Senin (18/4) hingga Rabu (20/4) di Halaman Kantor Pemprov Jateng. Peserta luring, yakni 50 UKM unggulan Jateng memamerkan produk-produknya di stan yang ada di halaman Kantor Pemprov Jateng. Sementara luring bisa diakses melalui www.ukmvirtualexpo.com.

“Ini coba kita dorong ya agar UKM kita laku, satu kita buat parsel, dibeli oleh ASN, BUMD, BUMN, instansi pusat yang ada di Jateng kita gotong royong. Kita beli parselnya, di dalam parsel itu produknya UKM seluruh Jawa Tengah,” ucap Ganjar saat ditemui usai acara.

Sejumlah UKM unggulan yang dipamerkan antara lain fesyen, kerajinan tangan, penganan ringan, kuliner khas Jateng hingga kuliner sehat produksi Jateng.

“Hasil hitung-hitungan kita, prediksi kita dengan BI kemarin di Lebaran besok konsumsi akan meningkat tinggi. Maka kita jemput bola dan kita siapkan UKM agar mereka menyiapkan diri untuk produknya bisa terjual,” tandas Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini