Sukses

Yuk Simak, Jangan Sampai Telat Lho Ya! Jadwal Imsak Area Jateng Jumat 8 April 2022

Imsak adalah bentuk kehati-hatian agar tidak keterusan makan hingga Subuh.

Liputan6.com, Semarang - Di bulan Ramadhan, umat Islam melakukan satu rutinitas yang tak biasa dilakukan di bulan lain yakni sahur. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sahur berarti makan pada dini hari (disunahkan menjelang fajar sebelum Subuh) bagi orang-orang yang akan menjalankan ibadah puasa. Sahur selain bentuk persiapan menjalankan puasa sehari penuh, juga merupakan ibadah sunah.

Terkait sahur, ada istilah imsak yaitu waktu pengingat untuk segera mengakhiri makan agar tak terlalu mepet waktu Subuh. Biasanya imsak dipatok 10 menit sebelum azan Subuh.

Pada dasarnya, imsak merupakan pengingat akan dimulainya puasa, namun bukan akhir sahur. Sebab, akhir sahur atau waktu dimulainya puasa adalah waktu Subuh. Dewan Fatwa Mesir pada 2013 mendefinisikan imsak adalah waktu peringatan akan masuknya waktu Subuh, bukan waktu mulai berpuasa.

Sebagaimana fungsinya, imsak adalah bentuk kehati-hatian agar tidak keterusan makan hingga Subuh. Imsak juga merupakan waktu jeda/persiapan dari selesainya makan sahur menuju salat Subuh. Waktu imsak ini baik diisi zikir atau membaca Al-Qur'an.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Imsak Area Jateng

Untuk sobat Liputan6 yang berada di area Jawa Tengah (Jateng), berikut jadwal imsak beberapa kota di Jateng hari Jumat 8 April 2022 (6 Ramadhan 1443 Hijriah), dikutip dari bimasislam.kemenag.go.id.

 

Kabupaten Banjarnegara

Imsak: 04.18

Subuh: 04.28

 

Kabupaten Banyumas

Imsak: 04.20

Subuh: 04.30

 

Kabupaten Purworejo

Imsak: 04.17

Subuh: 04.27

 

Kota Semarang

Imsak: 04.15

Subuh: 04.25

 

Kota Surakarta

Imsak: 04.14

Subuh: 04.24

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini