Sukses

4 Fakta Profesor Akhmad Sodiq yang Terpilih Jadi Rektor Unsoed Purwokerto

Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr telah terpilih sebagai Rektor Universitas Jenderal Soedirman untuk periode 2022-2026.

Liputan6.com, Purwokerto - Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr telah terpilih sebagai Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto untuk periode 2022-2026. Ia terpilih pada Kamis (24/3/2022) melalui proses pemungutan suara Pemilihan Rektor Unsoed dalam rapat Senat tertutup yang turut dihadiri wakil dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Berdasarkan hasil pemungutan suara, Prof Akhmad Sodiq berhasil memperoleh suara terbanyak yakni 76 suara. Sementara 2 pesaingnya,  Dr. Ir. V. Prihananto, M.Si. memperoleh 38 suara, dan Prof. Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, M.P., Ph.D. sebanyak 8 suara. 

Berikut fakta dari sosok Prof Akhmad Sodiq yang berhasil terpilih menjadi Rektor Unsoed.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menjabat Rektor UNU Purwokerto

Diketahui bahwa di tahun 2016, Prof Akhmad Sodiq pernah menjabat sebagai rektor di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto. Alumnus S1 Unsoed, yang kemudian melanjutkan pascasarjana Universitat Kassel dan  doktoral Universitat Kassel itu untuk jadi rektor UNU Purwokerto yang pertama. 

3 dari 5 halaman

Menjadi Dosen di Unsoed

Nama Prof Akhmad Sodiq, tercatat sebagai dosen di Fakultas Peternakan Unsoed. Profesor kelahiran Batang, 28 Januari 1969 mengajar dari jenjang diploma hingga doktor. Diketahui bahwa bidang ilmu yang ditekuninya adalah produksi ternak dengan bidang Sistem Produksi Ternak. 

4 dari 5 halaman

Menjabat Wakil Rektor

Di masa Prof Suwarto MS menjabat sebagai rektor Unsoed, Prof Akhmad Sodiq juga mengemban jabatan sebagai wakil rektor untuk periode 2018-2022. Sementara di tahun sebelumnya 2010-2017 ia memegang jabatan sebagai seorang Dekan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman.

5 dari 5 halaman

Aktif Berkegiatan

Tak hanya berkecimpung di bidang ilmiah, profesor yang juga menjadi konsultan BI untuk Program Pemberdayaan Ekonomi Daerah dan Program Pengembangan Klaster Sapi Potong di Purwokerto ini diketahui juga aktif dalam organisasi keagamaan, sosial, dan kemasyarakatan. Ia menjadi pembina dan pendamping Kelembagaan Kelompok Tani Ternak Ruminansia Besar dan Kecil. Tak hanya itu, Prof Akhmad Sodiq juga merupakan dewan pakar pada himpunan peternak domba dan kambing Indonesia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini