Sukses

Wajib Dicoba! Sensasi Kenikmatan Kopi Sipetung Khas Temanggung yang Beraroma Tembakau

Kenikmatan kopi khas Temanggung sudah dikenal hingga mancanegara.

Liputan6.com, Temanggung Kualitas kopi Temanggung sudah tidak perlu diragukan lagi, selain menjadi kebanggaan masyarakat setempat, kopi khas Temanggung juga sudah dikenal hingga mancanegara. Salah satu kopi terkenal di daerah temanggunh berasal dari Desa Jambu, Kecamatan Kledung.

Di perkebunan tersebut ditanam sebuah kopi jenis arabika yang terkenal,  bernama Sipetung. Kata Sipetung sendiri diambil dari lokasi perkebunan kopi yang berada di lokasi lembah kaki Gunung Sumbing yang terkenal dengan sebutan Lembah Sipetung.

Berdasarkan pengalaman penikmat kopi Sipetung, kopi arabika ini memiliki citarasa unik yang tidak ada pada kopi lain. Ketika diseduh terdapat aroma dan rasa tembakau pada kopi Sipetung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi penanaman kopi dekat tembakau

Hal tersebut dikarenakan lokasi penanaman kopi, berdekatan dengan tanaman tembakau. Diketahui bahwa petani setempat juga melakukan beberapa proses untuk kopi Sipetung ini, sehingga penikmat kopi dapat memilih sesuai dengan keingingin. Beberapa proses yang dilakukan di antaranya full wash, semi wash, natural, honey, dan wine.

Jika penasaran dan tertarik untuk mencoba, pengunjung tak harus mendatangi lokasi secara langsung. Karena kini kopi Sipetung sudah banyak dipasarkan secara online melalui marketplace.

Petani setempat sangat berharap agar, kopi Sipetung semakin populer dan dapat meningkatkan prekonomian warga setempat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.