Sukses

5 Fakta Penting Penembakan Teroris di Sukoharjo, Seorang Dokter dan Berperan Penasihat Amir

Densus 88 Antiteror Polri bahkan sampai terlibat kejar-kejaran mobil dengan terduga teroris asal Sukoharjo, dr. Sunardi.

Liputan6.com, Semarang- Kepolisian Republik Indonesia melalui unit Detasemen Khusus (Densus) 88 berhasil mengamankan teroris di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dalam operasi penangkapan terjadi perlawanan sehingga polisi melakukan tindakan tegas terhadap anggota Jamaah Islamiah (JI) tersebut.

Berikut fakta pentingnya, dikutip dari tribratanews.polri.go.id

 

 

VIDEO: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Grogol Petamburan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kronologis penembakan

Karena adanya perlawanan, terpaka Densus melumpuhkan perlawanan pelaku anggota JI dengan tembakan hingga yang bersangkutan meninggal dunia.

Rabu malam (9/3/2022), Densus 88 Antiteror Polri bahkan sampai terlibat kejar-kejaran mobil dengan terduga teroris asal Sukoharjo, dr. Sunardi.

Sunardi sempat menabrakkan mobilnya ke bagian depan rumah warga di kawasan Cendana hingga rusak.

Sebelumnya Sunardi sempat melawan dan menabrak mobil Densus 88 kemudian menabrak tembok hingga terpaksa Polri menembak terduga teroris hingga tewas.

3 dari 6 halaman

Seorang dokter

Sunardi diketahui sebagai seorang dokter. Sebagai dokter, tentu keberadaan sosoknya tidak main-main. Artinya Sunardi memiliki intelektualitas tinggi.

4 dari 6 halaman

Penasihat amir Jamaah Islamiah

Karo Penmas Div. Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, keterlibatan Sunardi dalam jaringan JI tidak hanya sebagi anggota biasa. Bersangkutan adalah penasihat amir Jamaah Islamiah.

Tentu saja sebagai penasihat amir (pimpinan) JI, Sunardi sudah dipastikan memiliki peran strategis dalam jaringan teroris JI.

Sebagai seorang penasihat amir JI tentunya SU memilki tingkat pemahaman terhadap doktrin terorisme yang melebihi anggota biasa, disamping sudah dipastikan Sunardi memiliki peran strategis untuk menentukan strategi dan taktik di lapangan dalam menentukan aksi terorisme dan terkait lingkaran inti jaringan JI.

5 dari 6 halaman

Pernah sebagai amir khidmah

"Yang bersangkutan pernah menjabat sebagai amir khidmah. Jabatannya adalah deputi dakwah dan informasi dan yang bersangkutan sebagai penasehat amir dan penanggung jawab ilal ahmar sosaiti," demikian ujar Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Ahmad Ramadhan, Kamis (10/3/ ]2022).

Ia menjelaskan peran penting Sunardi dalam jaringan oganisasi teroris Jamaah Islamiah.

Dari jabataban-jabatan di organiasasi teroris JI, dia sudah dipastikan memiliki kemampuan merekrut anggota, dan sebagai deputi dakwah dan informasi SU menjadi "corong" dalam menyebarkan ajaran-ajaran terorisme JI.

6 dari 6 halaman

Sebelumnya tangkap 11 terduga teroris

Sebelumnya, Densus 88 menangkap 11 terduga teroris pada Senin (7/3/2022).

Para terduga teroris itu ditangkap di dua provinsi berbeda. Enam di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan lima terduga teroris lainnya ditangkap di Provinsi Lampung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.